Liverpool Digosipkan Jalin Kesepakatan dengan Iker Casillas

Berita

by redaksi 25985

Liverpool Digosipkan Jalin Kesepakatan dengan Iker Casillas

Dua hari setelah memastikan duduk di empat besar klasemen akhir Liga Primer Inggris musim 2016/2017, Liverpool FC langsung langsung dikaitkan dengan beberapa nama yang akan menjadi bagian klub musim depan. Sebelumnya ada Virgil van Dijk yang santer dihubungkan bakal berlabuh ke Liverpool.

Meski begitu geliat rumor transfer Liverpool musim ini tidak terfokus pada Van Dijk seorang. Beberapa pemain lain juga kabarnya dalam radar incaran klub kota pelabuhan itu. Terbaru, dan yang paling menghebohkan adalah kabar bakal segera merapatnya Iker Casillas ke Anfield.

Rumor tersebut sudah berembus kencang di beberapa media Spanyol, salah satunya Koran AS. Dikabarkan, Casillas mendapatkan tawaran untuk bermain di Inggris bersama Liverpool musim depan. Tawaran tersebut kabarnya juga ditanggapi positif oleh penjaga gawang yang musim lalu memperkuat FC Porto itu.

AS bahkan menyebut kalau Casillas dan Liverpool masing-masing sudah menyetujui kesepakatan pra-kontrak. Namun semua itu tentu belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab sampai saat ini belum ada konfirmasi lanjutan baik dari pihak Casillas dan Liverpool. Selain itu Casillas juga kabarnya sedang mendapat tawaran bermain di Liga Tiongkok dan Qatar.

Namun apabila gossip Liverpool tertarik mendatang Casillas benar adanya, besar kemungkinan mantan penjaga gawang terbaik dunia itu akan berlabuh di Liverpool musim depan. Selain karena nama besar, pada musim depan juga Liverpool akan tampil di Liga Champions meski harus memulai dari babak play-off.

Peluang kemungkinan kalau rumor kepindahan Casillas menjadi nyata pun cukup besar. Meski masih memiliki kontrak hingga 30 Juni 2018 mendatang, namun Casillas sudah menyiratkan bahwa ia ingin meninggalkan Porto pada bursa transfer musim panas ini.

Beberapa klub asal Liga Turki, Qatar, dan Tiongkok dikabarkan siap menampung pemain 36 tahun itu. Namun bukan tidak mungkin kalau ada tawaran dari Liverpool ia justru memilih “The Reds” sebagai pelabuhan kariernya musim depan.

Pilihan yang Mungkin Tepat

Berbicara kecenderungan pemain yang dinginkan Liverpool musim depan, sepertinya mereka ingin mengonsolidasi lini per lini untuk bisa konsisten tampil di kompetisi Eropa hingga Liga Primer Inggris musim depan. Sebab kondisinya pasti akan sangat berbeda dengan yang mereka alami musim ini.

Pada musim 2016/2017 Liverpool absen di kompetisi Eropa yang kemudian membuat mereka lebih fokus untuk menghadapi kompetisi atau turnamen di dalam negeri. Namun pada musim 2017/2018 mereka harus membagi fokus antara kompetisi domestik dan Eropa. Sebab meski seandainya mereka gagal lolos dari fase play-off mereka akan tetap tampil di Eropa dengan Liga Europa sebagai kompetisi yang akan mereka lakoni.

Bila melihat konsolidasi lini per lini Liverpool musim ini, tampaknya Juergen Kloop lebih fokus untuk memperkuat lini belakang ketimbang lini depan yang memang terlihat sudah sangat mumpuni. Keinginan mereka untuk menggaet Van Dijk bisa menjadi acuan dari fokus Liverpool memperbaiki lini belakang mereka musim depan.

Tentunya dalam upaya memperbaiki kekuatan lini belakang, Liverpool tidak hanya fokus mencari bek tengah dengan kemampuan yang baik. Pos penjaga gawang pun ada dalam perhatian mereka. Dalam beberapa musim terakhir, atau tepatnya setelah Pepe Reina hijrah ke Napoli, Liverpool memang kesulitan mencari kiper yang bisa memberi ketengan di barisan pertahanan mereka.

Bukan bermaksud mengecilkan Mignolet, namun terlihat ada ketidakpuasan Klopp khususnya dengan kinerja matan kiper Sunderland itu. Terbukti pada awal musim 2016/2017 mereka sampai harus mendatangkan Loris Karius. Namun mantan penjaga gawang Mainz itu masih jauh dari ekspektasi kemudian pilihan kiper utama kembali pada Mignolet.

Musim ini Mignolet memang tampil cukup baik dan ia juga merasakan ingin tetap bertahan di Anfield. Namun opsi mendatangkan kiper baru juga bukan pilihan yang buruk bagi Liverpool. Casillas mungkin bisa menjadi pilihan meski usianya tidak lagi muda. Mantan kapten timnas Spanyol itu memiliki pengalaman, khususnya tampil di Liga Champions. Sepanjang kariernya, ia telah bermain dalam 175 laga di Liga Champions bersama Real Madrid dan Porto. Selain itu faktor usia yang semakin uzur pun tak membuat kualitas Casillas menurun. Buktinya, musim lalu bersama Porto, dari 43 penampilan di semua ajang 23 clean sheet sukses ia torehkan.

(SN)

Komentar