Hoffenheim Cetak Sejarah ke Liga Champions Berkat Nagelsmann

Berita

by redaksi 73745

Hoffenheim Cetak Sejarah ke Liga Champions Berkat Nagelsmann

Julian Nagelsmann, pelatih dari kesebelasan TSG 1899 Hoffenheim, mencetak sejarah besar bagi klubnya. Pelatih termuda di Liga Jerman tersebut memastikan timnya setidaknya akan bermain di babak kualifikasi Liga Champions musim depan. Gol telat Benjamin Hubner di menit akhir ke gawang Eintracht Frankfurt pada lanjutan laga Bundesliga semalam (30/04) juga memastikan mereka setidaknya finis di empat besar klasemen.

Pemilik klub Hoffenheim, Dietmar Hopp, mengakui kemenangan yang diraih timnya termasuk kemenangan yang beruntung. Meski demikian, Hopp turut berperan dalam perkembangan klub yang ia akuisisi pada 2015 tersebut. Sejak saat itu, Hopp telah menghabiskan sekitar 350 juta euro untuk mengembangkan tim.

Namun, satu hal menakjubkan dari kesuksesan Hoffenheim musim ini tentu tak lepas dari peran arsitek muda mereka, Julian Nagelsmann. Nagelsmann menggantikan Hubb Stevens yang mundur saat itu karena alasan kesehatan. Berusia 28 tahun saat direkrut pada Februari 2016, Nagelsmann bahkan belum menerima mandat resmi melatih dari Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Akan tetapi ia berhasil menyelamatkan Hoffenheim saat itu dari zona degradasi dan saat ini Hoffenheim menjalani musim terbaik mereka sepanjang sejarah.

Saat masih bermain, Nagelsmann sempat bermain untuk FC Augsburg dan klub asal Munchen, TSV 1860 Munchen sebelum memutuskan fokus melatih. Ia menghabiskan hampir satu dekade melatih tim muda 1860 Munchen dan Hoffenheim, dimana ia juga menjadi asisten pelatihnya pada musim 2012/13.

Pada tahun ini pula, Nagelsmann baru saja menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik 2016 di Bundesliga oleh federasi sepakbola Jerman.

Kemenangan terakhir Hoffenheim atas Frankfurt memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kandang menjadi 16 pertandingan. Selain itu, mereka juga resmi melampaui pencapaian musim terbaik mereka pada musim 2008/09 dimana mereka meraup 55 poin.

Hoffenheim selanjutnya akan bertandang ke Borussia Dortmund di Bundesliga dalam pertandingan yang akan saling memperebutkan tiket lolos otomatis ke fase grup Liga Champions atau babak kualifikasi Liga Champions.

Komentar