Man City Lakukan Pergantian Keempat Pertama di Inggris

Berita

by redaksi 101542

Man City Lakukan Pergantian Keempat Pertama di Inggris

Manchester City harus menerima kekalahan dari Arsenal dalam laga semifinal Piala FA, Minggu, (23/04) dengan skor 1-2. Gol dari Sergio Aguero menit ke-62 yang sempat membawa mereka unggul lebih dulu direspon Arsenal 10 menit kemudian melalui gol Nacho Monreal di menit ke-71.

Alexis Sanchez kemudian menjadi pahlawan kemenangan Arsenal dengan gol indahnya pada babak perpanjangan waktu menit ke-101 sekaligus memupuskan harapan tim asuhan Pep Guardiola untuk meraih salah satu gelar pertamanya di Inggris.

Namun, Manchester City membuat sejarah pada laga ini. Bukan pada rekor gol, tapi mereka mencatatkan diri sebagai kesebelasan Inggris pertama yang menerapkan pergantian pemain keempat saat perpanjangan waktu, ditandai dengan pergantian pemain muda asal Nigeria, Kelechi Iheanacho, yang masuk menggantikan Raheem Sterling.

Pergantian tersebut dilakukan Guardiola sebagai respon karena mereka tertinggal setelah sempat unggul lebih dulu. Sebelumnya Guardiola sudah memasukkan tiga pemain pengganti yaitu Raheem Sterling (masuk pada menit ke-23 gantikan David Silva yang cedera), Fabian Delph dan Fernandinho. Iheanacho kemudian dimasukkan sebagai pemain keempat menggantikan Sterling dengan harapan mampu menyamakan kedudukan.

Aturan pergantian pemain keempat ini telah diperkenalkan musim ini di Piala FA agar kesebelasan dapat melakukan pergantian pemain tambahan saat babak perpanjangan waktu yang mulai berlaku dari babak perempatfinal dan seterusnya.

Saat ini, baru Piala FA yang menerapkan aturan baru ini – yang dimaksudkan untuk lebih memanaskan tensi pertandingan agar lebih seru sesuai dengan visi asosiasi sepakbola mereka. Kepala Eksekutif FA, Martin Glenn, memberikan komentarnya soal penerapan aturan pergantian pemain tambahan ini.

“Piala FA dikenal karena sejarah dan tradisinya yang hebat. Tapi sebagai asosiasi pemrakarsa kompetisi ini, penting bagi kami [FA] untuk terus melihat apa yang bisa ditambahkan ke dalamnya.”

“Dengan kompetisi yang mengadopsi format fase gugur dari babak perempatfinal dan seterusnya, penerapan pergantian pemain keempat pada babak perpanjangan waktu akan memberikan suasana pertandingan yang lebih menarik dan seru,” jelas Martin dilansir Dream Team FC.

Ide pergantian pemain tambahan ini sudah pernah digaungkan pada pagelaran Copa America Centenario pada 2016 lalu. Sementara itu, pemain pertama di luar Inggris yang tercatat sebagai pemain pengganti keempat adalah striker Real Madrid, Alvaro Morata, yang menggantikan Cristiano Ronaldo pada ajang Final Piala Dunia Antar Klub kontra Kashima Antlers akhir tahun lalu. Di laga yang sama, Kashima juga memasukkan Shuhei Akasaki sebagai pergantian keempat mereka, dua menit setelah Morata masuk.

Komentar