Bertahan atau Tidak, Barkley dan Lukaku Harus Segera Tentukan Pilihan

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Bertahan atau Tidak, Barkley dan Lukaku Harus Segera Tentukan Pilihan

Selagi masih ada kesempatan, manajer Everton, Ronald Koeman meminta kepada dua pemainnya yang bernama Ross Barkley dan Romelu Lukaku untuk segera menentukan pilihan. Jika tidak segera menentukan pilihan, besar kemungkinan Barkley akan dijual ke klub lain.

Pemain berusia 23 tahun ini adalah pemain asli didikan Everton. Mengidolai The Toffees dikala ia masih kecil, ia juga mengenyam pendidikan sepakbola di akademi sepakbola di Goodison Park. Sampai sekarang, ia menjadi pemain profesional bersama Everton dan sudah menjalani beberapa musim Liga Primer bersama klub berseragam biru ini.

Naik turun karier pun sempat ia rasakan di Everton. Oleh karena itu, Ronald Koeman menganggap bahwa ia adalah salah satu aset yang harus dipertahankan oleh The Toffees, selain pencetak gol terbanyak Everton saat ini, Romelu Lukaku.

"Kami sudah banyak berbicara dengan Ross (Barkley) dan Rom (Romelu Lukaku) soal masa depan mereka di Everton. Mereka adalah aset penting. Kualitas permainan yang mereka miliki bisa menciptakan perbedaan antara Everton dengan lawan-lawan yang kami hadapi," ujar Koeman seperti dikutip World Football.

"Dalam pertandingan ini saja (melawan Leicester), keduanya tampil dengan cukup brilian. Rom berhasil mencetak dua gol, dan Ross dapat menjadi penyeimbang antara lini tengah dan lini serang. Selain karena pemain-pemain kami tampil gemilang, keduanya menciptakan perbedaan dalam pertandingan tersebut," tambahnya.

Barkley dan Lukaku tampil gemilang dalam laga melawan The Foxes. Satu gol dari dua gol yang dilesakkan oleh Lukaku dalam pertandingan tersebut merupakan asis dari Barkley. Secara keseluruhan pun, dua pemain tampil cukup gemilang dalam ajang Liga Primer 2016/2017. Lukaku sukses menorehkan 23 gol dari 31 penampilan bersama The Toffees di Liga Primer, sedangkan Barkley sukses mencatatkan empat gol dan delapan asis dari 30 laga dalam ajang yang sama.

Namun, keduanya dikabarkan masih pikir-pikir soal perpanjangan kontrak yang ditawarkan oleh Everton. Media-media Inggris kerap mengait-ngaitkan Barkley dengan beberapa klub besar Liga Primer seperti Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Arsenal. Hal yang sama juga dialami Lukaku, karena ia malah dikabarkan menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Everton.

Koeman pun tak ambil pusing dengan situasi Barkley sekarang. Ia hanya ingin dua pemain tersebut segera menentukan masa depannya sebelum musim panas tiba. Jika memang ingin bertahan, tanda tangani kontrak. Jika tidak, mereka akan segera dijual ke klub lain.

"Kami menawarkan keduanya kontrak baru. Dengan hal tersebut, maka akan muncul dua kemungkinan pasti."

"Pertama, keduanya akan bertahan di Everton dengan menandatangani perpanjangan kontrak tersebut. Kedua, mereka akan dijual ke klub lain jika tak mau memperpanjang kontrak. Sederhana saja, saya tidak mau ambil pusing," ungkap Koeman seperti dilansir Sky Sports.

Sumber lain: World Football

foto: @TimesSport

Komentar