Wajah-Wajah Baru Dalam Revierderby Kali Ini

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Wajah-Wajah Baru Dalam Revierderby Kali Ini

Revierderby, ibu dari segala derby yang ada di Jerman atau apapun istilahnya itu, akan kembali dihelat dalam ajang Bundesliga 2016/2017. Dalam derby kali ini, akan ada beberapa wajah baru yang muncul di hadapan para pendukung Schalke 04 yang memadati Veltins Arena, Sabtu (1/4/2017) malam.

Pertandingan Schalke 04 melawan Borussia Dortmund kerap menghasilkan tensi yang tinggi. Beberapa pemain yang pernah terlibat di dalamnya, terutama pemain yang memang asli kelahiran Gelsenkirchen ataupun Dortmund, selalu menganggap pertandingan ini sebagai sebuah pertandingan yang perlu untuk dimenangkan. Istilahnya, boleh kalah dalam pertandingan lain, asal jangan kalah dari Schalke (bagi Dortmund) atau asal jangan kalah dari Dortmund (bagi Schalke).

Kebencian antar keduanya sudah berakar kuat sejak dahulu kala. Berawal dari saling cemburu, kebencian itu semakin berkembang dan terus berlanjut sampai sekarang. Daerah lembah Ruhr ini selalu bergelora setiap kali keduanya bertemu.

Awal mula berkembangnya Revierderby ini bisa Anda lihat di sini

Dalam edisi Revierderby kali ini, akan ada beberapa wajah baru baik itu di tubuh Dortmund maupun di tubuh Schalke yang akan menjalani derby pertama mereka di Veltins Arena. Dalam gelaran derby edisi pertama di musim 2016/2017 yang digelar di Signal Iduna Park, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Nama-nama seperti Nabil Bentaleb, Baba Rahman, dan pelatih Schalke Markus Weinzierl akan menjalani derby pertama mereka di depan pendukung Schalke. Bagi keduanya, hal ini akan menjadi sesuatu yang menarik, karena atmosfer menjalani derby di kandang sendiri (terkhusus untuk pemain Schalke) tentu akan berbeda. Bentaleb bahkan menyamakan laga ini dengan laga North London derby yang mempertemukan Arsenal dan Tottenham Hotspur.

"Setiap laga derby akan memberikan suasana berbeda. Saya kira laga antara Schalke dengan Dortmund ini hampir sama suasananya dengan laga antara Arsenal melawan Tottenham Hotspur (North London derby), bahkan mungkin lebih besar," ujar Bentaleb seperti dilansir ESPN FC.

Sementara itu, Weinzierl mengungkapkan bahwa menjalani derby di hadapan suporter sendiri akan memberikan sebuah rasa yang berbeda. Dukungan dari suporter, sekaligus tekanan yang diberikan suporter kepada lawan, akan memberikan semangat tersendiri bagi para pemainnya.

"Ini adalah derby yang sebenarnya bagi kami karena kami akan bermain di depan pendukung kami sendiri. Kami bermain melawan Dortmund. Pertandingan terpanas tahun ini. Suasananya tentu akan berbeda," ujar Weinzierl.

Derby ini, selain akan dihiasi wajah baru, juga akan menjadi derby yang cukup menentukan. Dortmund yang sedang berada di posisi lima besar klasemen butuh kemenangan atas Schalke agar dapat merangsek naik ke posisi dua menggeser RB Leipzig. Sedangkan Schalke yang berada di posisi kesembilan juga butuh kemenangan atas Dortmund agar dapat naik ke zona Liga Europa.

foto: @s04

Komentar