Ramainya Latihan Perdana Michael Essien di Persib

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Ramainya Latihan Perdana Michael Essien di Persib

Michael Essien menjalani latihan perdananya bersama Persib Bandung pada Kamis (30/3/2017) sore. Seperti halnya latihan-latihan Persib pada umumnya, latihan perdana yang Essien jalani tersebut juga ramai oleh kehadiran bobotoh yang memadati Lapangan Lodaya, Bandung.

Beres mengurusi administrasi, Essien akhirnya kembali lagi ke Bandung pada Rabu (29/3/2017). Dikabarkan akan menjalani latihan perdana pada Rabu (29/3/2017) sore, pemain yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid tersebut urung ikut berlatih dengan alasan karena masih didera kelelahan akibat perjalanan panjang.

"Saya tahu kegiatan dia hari ini. Alasan dia tidak ikut latihan pun cukup beralasan, saya bisa mengerti. Dia lelah sekali hari ini, belum lagi jetlag juga. Saya juga tidak bisa memaksa kalau dia memang capek," ujar pelatih Persib, Djadjang Nurjaman, seusai latihan pada Rabu (29/3/2017) sore.

Setelah tidak ikut latihan pada Rabu sore, Essien akhirnya mengikuti latihan perdananya bersama Persib pada Kamis (30/3/2017) sore di Lapangan Lodaya. Jumlah bobotoh yang membludak tampak seperti hasil dari animo yang tinggi untuk menyaksikan Essien pertama kali berlatih bersama skuat Persib sore itu. Raut wajah-wajah penuh penasaran para bobotoh yang hadir di Lapangan Lodaya pun terlihat. Mereka tak sabar untuk menyaksikan Essien setelah diberikan harapan palsu pada Rabu (29/3/2017) sore.

Jumlah bobotoh yang membludak menyaksikan latihan perdana Essien. Foto: Sandy Firdaus/Pandit Football

Essien pun menyambut bobotoh yang menyaksikannya berlatih pertama kali bersama Persib tersebut dengan senyuman. Tak terhitung beberapa kali ia tersenyum saat bobotoh menyorakinya saat melakukan tendangan, baik itu tendangan yang on target maupun off target. Essien pun tampak menikmati setiap sesi latihan yang ia jalani sore itu bersama dengan para pemain Persib yang lain.

Ramainya bobotoh sore itu tampak menjadi sesuatu yang baru bagi pemain yang pernah main untuk timnas Ghana di Piala Dunia 2006 tersebut. Suasana berlatih, yang dihadiri kurang lebih oleh 1000-an bobotoh, sudah terlihat seperti suasana sebuah pertandingan untuknya.

Dalam sesi mini game, terlihat ada hal menarik yang dilakukan oleh pelatih Djadjang Nurjaman. Sesuai dengan ucapannya saat Essien pertama kali mendarat di Bandung, ia berjanji akan mencoba Essien di posisi attacking midfield (gelandang serang). Dalam sesi latihan sore itu, Essien pun dipasang oleh Djanur sebagai gelandang serang dalam tim putih.

Namun sayang, selain tidak terlalu banyak menyentuh bola dalam sesi mini game, Essien tidak menjalani sesi latihan secara penuh. Pada sesi mini game, ia harus keluar setelah bermain sekira 20 menit. Ia digantikan oleh Gian Zola yang masuk di posisi gelandang serang yang ia tempati.

Sesi latihan sore itu pun akhirnya berakhir untuk Essien yang lebih dulu meninggalkan lapangan. Ia beristirahat bersama dengan para bodyguard dan polisi yang berjaga di sekelilingnya, menjaga Essien dari kejaran bobotoh yang ingin berfoto bersamanya.

Essien dijaga oleh polisi, bodyguard, dan Umuh Muchtar. Foto: Randy Aprialdi S./Pandit Football

Tak Akan Banyak yang Berubah Setelah Kedatangan Essien

Seusai latihan, Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurjaman, menyebut bahwa meski Essien (dan kelak Carlton Cole) nanti bergabung dengan skuat, tak akan banyak menu latihan yang diubah atau diganti. Khusus untuk sekarang, mungkin ia akan mengubah menu latihan Essien dengan memperbanyak latihan fisik karena ia baru bergabung bersama tim.

"Menu khusus untuk meningkatkan fisik mungkin ada untuk Essien. Tapi secara keseluruhan pola dan menu latihan tidak akan saya ubah, masih akan tetap sama. Saya tidak akan mengubah menu latihan hanya untuk mengakomodir satu pemain. Soal bahasa pun tidak ada masalah dengan Essien," ungkapnya.

Essien masih memiliki peluang empat sampai lima kali latihan ke depan untuk menyesuaikan diri dengan tim. Hal yang sama pun berlaku untuk Carlton Cole. Masih ada waktu dua minggu bagi Essien sebelum sepak mula Gojek Traveloka Liga 1 yang akan diselenggarakan pada 15 April 2017. Apalagi dalam pertandingan pertama, Persib akan menghadapi Arema FC, juara Piala Presiden 2015.

Komentar