Orang-Orang Hebat yang Sudah Dilewati Chicharito

Berita

by Sandy Firdaus 29034

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Orang-Orang Hebat yang Sudah Dilewati Chicharito

Javier Hernandez mencatatkan sebuah pencapaian spesial dalam karier sepakbolanya. Dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF melawan Kosta Rika, pemain berjuluk Chicharito ini mencetak gol ke-46 nya untuk timnas Meksiko. Raihan ini membuatnya menyamai rekor dari Jared Borgetti dengan torehan gol yang sama.

Pada laga melawan Kosta Rika, Hernandez mencetak gol pada menit ke-7 sekaligus membawa Meksiko unggul. Pertandingan ini sendiri dimenangkan oleh Meksiko dengan skor 2-0, setelah Nestor Araujo menambah keunggulan El Tri pada menit ke-45.

Chicharito menjadi pemain yang cukup cepat di timnas Meksiko dalam hal menambah pundi-pundi golnya untuk timnas. Didukung oleh posisinya sebagai penyerang, ia sukses mencatatkan 46 gol hanya dari 89 kali penampilannya bersama timnas, sama seperti Borgetti. Sebelum mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak timnas Meksiko ini, Hernandez sudah melewati beberapa pemain. Beberapa nama di antaranya adalah pemain andal dari Meksiko.

Berikut adalah beberapa pemain hebat dari timnas Meksiko yang rekornya berhasil dilewati oleh Chicharito, dalam hal ini soal produktivitas gol.

Hugo Sanchez

Didapuk sebagai penyerang terbaik timnas Meksiko, pemain yang berseragam timnas sejak 1977 sampai 1998 ini ternyata tidak terlalu banyak menyumbangkan gol untuk timnas. Penyematan gelar sebagai penyerang terbaik timnas Meksiko ini lebih dikarenakan Sanchez tampil begitu gemilang di Spanyol bersama Atletico Madrid serta Real Madrid.

Namun sentuhannya ketika tampil di klub tidak serta merta menular ke timnas. Total sejak 1977-1998, Sanchez hanya menyumbangkan 29 gol dari 58 penampilannya untuk timnas Meksiko. Rekor yang sudah dilewati jauh oleh Chicharito dan juga penyerang-penyerang tajam Meksiko yang lain.

Luis Hernandez

Luis Hernandez, dengan nama belakang "Hernandez" sama seperti Chicharito, dianggap sebagai salah satu penyerang flamboyan timnas Meksiko. Bahkan ia memiliki julukan yang lebih garang daripada Javier Hernandez, yaitu "El Matador". Membandingkan "El Matador" dan "Chicharito" (kacang polong) tentu adalah hal yang jauh.

Tapi dari aspek raihan gol, si "kacang polong" bisa berbangga hati karena ia mengungguli "El Matador". Total Luis Hernandez hanya berhasil mencetak 35 gol dari 85 penampilannya untuk timnas dalam kurun waktu 1995 sampai 2002. Luis sudah kalah oleh Javier dalam urusan mencetak gol bagi timnas.

Cuauhtemoc Blanco

Di bawah nama Javier Hernandez dan Jared Borgetti, ada nama Cuauhtemoc Blanco. Pemain yang membela timnas Meksiko sejak 1995 sampai 2014 kemarin ini berhasil mencetak 39 gol dari 122 penampilannya bersama timnas Meksiko. Secara raihan gol, ia sudah terlewati dengan pasti oleh Chicharito. Tapi ada beberapa aspek yang membuatnya masih menjadi sosok yang dirindukan oleh para penggemar timnas Meksiko.

Walau gol yang dicetaknya hanya berjumlah 39, gol yang ia cetak hanya satu dari sekian persembahannya untuk timnas Meksiko. Pergerakan tanpa bola, serta asis-asisnya kepada para pemain lain yang kerap menjadi pemecah kebuntuan, adalah aspek-aspek yang membuat pemain kelahiran Mexico City ini begitu dielu-elukan oleh suporter El Tri, bahkan sampai sekarang.

***

Dari sekian nama tenar yang sudah berhasil Chicharito lewati, ada juga nama-nama pemain lain yang sudah dilewati oleh Chicharito dalam urusan mencetak gol untuk timnas, seperti Carlos Hermosillo, Enrique Borja, Luis Roberto Alves, Luis Flores, serta Luis Garcia. Dari sekian nama tersebut, ada satu nama yang sampai sekarang belum ia lewati, yaitu Jared Borgetti. Borgetti memang tipikal penyerang yang mirip dengan dirinya: oportunis dan mematikan.

Banyaknya gol yang ia cetak dalam kurun waktu 1997-2008 untuk timnas Meksiko merupakan cermin dari begitu tajamnya penyerang yang pernah membela Bolton Wanderers di Liga Primer ini.

Dibandingkan dengan para kompatriotnya di timnas yang berhasil ia susul, Chicharito dibekali dengan sebuah keunggulan. Ia sudah mencatatkan debut untuk timnas pada usia yang cukup muda, yaitu 21 tahun. Ia juga sudah tampil di banyak ajang bersama El Tri, termasuk dua Piala Dunia (2010 dan 2014). Tak heran sudah banyak gol yang ia ciptakan untuk timnas walau sekarang ia masih berusia 28 tahun.

Dengan segala pengalaman yang sudah ia dapat di Eropa bersama Manchester United, Real Madrid, dan Bayer Leverkusen, Chicharito masih bisa meraih banyak hal bersama timnas Meksiko, termasuk trofi Piala Dunia. Raihan golnya pun masih bisa bertambah, dan besar kemungkinan ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Meksiko karena masih ada beberapa tahun yang bisa ia jalani di timnas.

Asalkan ia masih tetap menjadi dirinya sendiri, yaitu si penyerang oportunis dan mematikan, ia bisa menjadi legenda sepakbola Meksiko di masa depan.

foto: @ESPNFC

Komentar