Tinggalkan Manchester United, Schweinsteiger Hijrah Ke MLS

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Tinggalkan Manchester United, Schweinsteiger Hijrah Ke MLS

Mantan kapten timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger memutuskan untuk meninggalkan Manchester United untuk bergabung dengan salah satu kesebelasan Major League Soccer (MLS), Chicago Fire. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh laman resmi Chicago Fire.

“Schweinsteiger, 32, menandatangani kontrak satu tahun dan akan mengisi tempat designated player (marquee player) di daftar kesebelasan. Schweinsteiger akan resmi ditambahkan ke daftar dan tersedia untuk seleksi setelah melewati tes fisik tim, dan menunggu penerimaan ITC dan P1 Visa,” bunyi pernyataan Chicago Fire di laman resminya.

Kepindahan mantan pemain Bayern Munchen ini dari Manchester United ke Chicago Fire tidak terlalu mengagetkan. Mengingat sejak United dimanajeri oleh Jose Mourinho, posisi Schweinsteiger sudah mulai terpinggirkan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penampilannnya musim ini yang hanya bermain tiga kali saja.

Keputusan pemain berusia 32 tahun ini untuk bermain di MLS pun mendapat dukungan dari pelatih timnas Jerman, Joachim Loew. Walaupun ia juga menyayangkan karier Schweinsteiger di Inggris harus berakhir seperti ini. Hal ini disampaikan oleh Low pada konferensi pers menjelang laga Jerman vs Inggris.

"Saya mengobrol dengannya beberapa minggu yang lalu dan ia mengatakan kepada saya bahwa ia telah mencoba dan memberikan segalanya," ujar Loew seperti dikutip oleh ESPN FC. "Dan, ya, terkadang ada secercah harapan baginya, ia bermain dalam beberapa pertandingan. Tapi tampaknya ia memiliki perasaan bahwa ia tidak lagi menjadi bagian dari rencana Manchester United."

"Penampilannya dalam latihan sangat, sangat baik. Saya juga telah diberitahu oleh orang lain. Tim ini akan berharap baginya untuk membantu mereka di lapangan. Dan saya percaya bahwa ia bisa tetap melakukan itu. Saya telah melihat beberapa pertandingan United, dan Bastian Schweinsteiger bisa membantu dalam peran sentral di lini tengah, mengorganisir pertandingan. Tapi pelatih membuat keputusan yang berbeda. Ia telah memberikannya (kesempatan) sekali, tapi itu tidak cukup. dengan demikian transfer tentu keputusan yang baik."

"Bastian merasa di rumah di kota-kota besar, di mana ia juga bisa menikmati sedikit anonimitas, dan melihat hal-hal lain,” tambahnya.

Sementara itu, Schweinsteiger sendiri mengaku sedih sekaligus juga berterima kasih kepada pihak klub yang telah mengizinkannya untuk pindah ke kesebelasan lain.

"Saya sedih meninggalkan begitu banyak teman-teman di Manchester United," ungkap Schweinsteiger seperti dikutip oleh laman resmi United. "Tapi saya berterima kasih kepada klub untuk mengizinkan saya kesempatan untuk mengambil tantangan di Chicago Fire.”

Foto: manutd.com

Komentar