Schneiderlin Temukan Lagi Kegembiraan Bermain Sepakbola

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Schneiderlin Temukan Lagi Kegembiraan Bermain Sepakbola

Morgan Schneiderlin pernah kehilangan kesenangan ketika bermain sepakbola. Hal itu ia alami ketika berseragam Manchester United di bawah asuhan Louis van Gaal. Sekarang kebahagiaan itu sudah ia temukan lagi di Everton bersama Ronald Koeman.

Dalam sebuah wawancara bersama Daily Mirror ketika masa awal-awal didaratkan oleh Everton ke Goodison Park dari Manchester United, Schneiderlin mengaku bahwa masa-masa bermain di United merupakan masa yang sulit bagi dirinya. Di bawah asuhan Van Gaal, Schneiderlin mengaku tidak menemukan kegembiraan ketika ia bermain sepakbola. Kegembiraan yang ia maksud di sini adalah kepuasan tersendiri kala bermain untuk The Red Devils.

"Masa-masa bermain di United adalah masa yang sulit bagi saya. Saya akui bahwa ketika saya bermain di sana, ada sebuah kesenangan yang hilang ketika saya bermain sepakbola. Kesenangan seperti apa, sulit saya jelaskan. Mungkin seperti ini, ketika bermain sepakbola, saya harus diberikan kebebasan dan kebebasan itu tidak saya dapat di sana. Itu mungkin yang membuat saya merasa ada kesenangan yang hilang," ujar Schneiderlin.

"Walau saya bermain baik dan membantu tim, saya tidak merasakan kesenangan itu hadir. Saya tidak diberikan kesempatan untuk menunjukkan permainan yang sesuai dengan keinginan saya," tambahnya.

Menjalani masa-masa sulit di Old Trafford, akhirnya pada bursa transfer musim dingin Januari 2017 pemain asal Prancis tersebut memutuskan untuk melakukan sebuah perubahan. Ia memutuskan untuk hijrah ke Everton, bereuni kembali dengan manajer yang sempat melambungkan namanya di Southampton, Ronald Koeman.

Bereuni dengan Koeman, yang sudah tahu kemampuannya, memberikannya kembali rasa percaya diri dan juga sebuah kesenangan ketika bermain sepakbola. Kebebasan yang diberikan Koeman kepada Schneiderlin di lini tengah The Toffees, membuatnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaik yang ia miliki.

"Sejak kedatangan saya ke sini, saya merasakan sesuatu yang berbeda. Manajer (Ronald Koeman) sudah tahu kemampuan saya. Ia pernah membuat saya menjadi pemain yang penuh rasa percaya diri di masa lampau, dan sekarang ia kembali melakukan hal yang sama. Saya juga menemukan kesenangan dalam bermain sepakbola lagi ketika bermain bersamanya (Ronald Koeman)," ujar Schneiderlin seperti dilansir Goal.

"Ia (Koeman) tahu bagaimana saya bermain. Ia juga tahu kemampuan saya. Hal ini membuat saya tidak ragu untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Senang sekali rasanya menemukan kembali kegembiraan ketika bermain sepakbola seperti ini, dan saya harap ini akan terus berlanjut," tambahnya.

Bersama Everton, pemain berusia 27 tahun ini sekarang akan berjuang untuk memperebutkan satu tempat menuju Liga Europa, bersaing dengan klub lamanya, Manchester United. United sendiri sudah memastikan tempat di Eropa lewat gelar Piala EFL yang mereka dapatkan, tapi Everton pun tentu ingin memastikan jalan mereka menuju Eropa dengan kekuatan mereka sendiri.

"Kami akan bersaing untuk memperebutkan tiket ke Liga Europa. Sekarang kami berada di posisi tujuh, posisi yang sudah meloloskan kami ke sana. Semua tergantung kepada kami, apakah kami akan mampu mempertahankan posisi ini, merangkak naik, atau turun peringkat. Kami harus berusaha," tutup Schneiderlin.

Sumber lain: Goal

foto: @SchneiderlinMo4

Komentar