Pekan Buruk Arsenal yang Berakhir Indah

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Pekan Buruk Arsenal yang Berakhir Indah

Arsenal tengah mengalami pekan yang buruk. Namun, pekan buruk ini berhasil diakhiri oleh The Gunners dengan kemenangan besar atas Lincoln City pada babak delapan besar Piala FA.

Dalam kurun waktu seminggu terakhir, Arsenal benar-benar mengalami sebuah pekan yang buruk. Diawali dari kekalahan atas Liverpool 3-1, dan pekan buruk itu berlanjut dengan pembantaian Bayern München di kandang dengan skor 1-5 dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions, sekaligus menjadi skor yang sama dengan kekalahan yang diderita Arsenal pada leg pertama dengan proses kekalahan yang hampir sama pula.

Pekan buruk itu menjadi semakin buruk tatkala Arsenal dilanda masalah baik itu secara internal maupun secara hubungan mereka dengan suporter. Suara-suara Wenger Out semakin lantang terdengar, bahkan jelang laga melawan Lincoln City, ada suara baru yang dikumandangkan oleh para suporter perihal keinginan mereka agar Wenger segara pergi. Suara itu muncul dalam bentuk Wexit, singkatan dari Wenger exit (mengutip kebijakan Brexit milik Inggris Raya).

Selain masalah hubungan dengan suporter, masalah internal pun menghampiri Arsenal. Alexis Sanchez, salah satu pemain kunci yang dimiliki oleh The Gunners, perlahan mulai menunjukkan ketidakbetahannya berseragam Arsenal. Tanda-tanda yang menunjukkan dirinya akan pindah pun semakin menguat, mulai dari tidak dimainkan ketika melawan Liverpool karena dikabarkan bertengkar dengan rekan satu tim, sampai tertawa di bangku cadangan saat Arsenal kalah 1-5 atas Bayern.

Masalah-masalah inilah yang membuat pekan Arsenal menjadi begitu buruk. Terdampar di peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer, serta gugur dari Liga Champions dengan cara menyakitkan, membuat semuanya tampak kelabu bagi Arsenal. Beruntung, pekan ini tidak menjadi lebih buruk lagi bagi The Gunners.

Pada babak delapan besar Piala FA menghadapi Lincoln City, Arsenal meraih kemenangan dengan skor 5-0. Salah satu pemain yang dikabarkan akan hengkang, Alexis Sanchez, berkontribusi dengan baik dalam pertandingan ini dengan mencetak satu gol dan satu asis, serta berkontribusi cukup baik dalam setiap serangan yang dilancarkan oleh Arsenal.

Arsene Wenger pun mengakui bahwa dalam pertandingan melawan Lincoln ini, ia memilih untuk tidak melakukan perjudian dengan menurunkan pemain-pemain lapis kedua. Ia tetap menurunkan skuat inti karena ia paham bahwa ini adalah pertandingan yang penting untuk mengembalikan semangat dan moral timnya yang jatuh pada pekan buruk kemarin.

"Saya tidak mau berjudi dengan menurunkan pemain lapis kedua karena saya tahu pentingnya pertandingan ini. Saya merasa dengan memenangkan pertandingan ini, selain melanjutkan jalan kami di Piala FA, juga bisa menjadi jalan untuk mengembalikan kepercayaan diri para pemain," ujar Arsene seperti dilansir ESPN FC.

"Itulah kenapa saya tetap mempertahankan komposisi 90% skuat yang saya mainkan ketika kami kalah oleh Bayern (München). Dengan kemenangan ini, saya berharap kepercayaan diri pemain akan kembali, karena kepercayaan diri adalah sesuatu yang mudah hilang dan mudah datang," tambahnya.

Dengan kemenangan ini, Arsenal pun memastikan diri maju sebagai semifinalis Piala FA. Tapi yang terpenting, seperti yang diungkapkan Wenger, kemenangan ini menjadi sebuah modal untuk mengembalikan kepercayaan diri pemain sekaligus menutup pekan buruk Arsenal dengan indah.

foto: @Arsenal

Komentar