Guardiola Tak Masalah Jika Harus Lakukan Rotasi Pemain

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Guardiola Tak Masalah Jika Harus Lakukan Rotasi Pemain

Hasil buruk yang Manchester City dapatkan ketika menjamu Stoke City pada Kamis (9/3/2017) dini hari dalam lanjutan Liga Primer tidak serta merta membuat Pep Guardiola tidak menyesali keputusannya untuk melakukan rotasi pemain.

Pada pertandingan melawan Stoke, Pep tidak menurunkan para pemain inti sejak menit awal seperti David Silva, Raheem Sterling, serta John Stones dalam skuat City. Bahkan Sterling dan Stones sama sekali tidak diturunkan pada pertandingan tersebut, berbeda dengan Silva yang dimainkan pada menit ke-57 menggantikan Jesus Navas.

Keputusan Guardiola untuk melakukan rotasi ini tak lepas dari jadwal padat yang sudah menanti Manchester City. Sabtu (11/3/2017) malam mereka sudah ditunggu oleh Middlesbrough dalam babak delapan besar Piala FA, dan pada Kamis (16/3/2017) dini hari mereka sudah ditunggu oleh AS Monaco dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Walau selama rotasi tersebut City mendapatkan hasil minor, seperti yang didapat dalam laga melawan Stoke, Pep mengatakan bahwa hal tersebut tak masalah untuknya. Peluang besar City untuk meraih trofi Piala FA dan trofi Liga Champions tampaknya menjadi alasan di balik Pep merotasi pemain per pertandingan yang The Citizens jalani.

"Bagi saya, prioritas tetap ada pada pertandingan selanjutnya. Kami bermain dengan memikirkan pertandingan selanjutnya, oleh karena itulah saya melakukan rotasi pemain. Tapi karena rotasi ini pulalah, tim saya kerap meraih hasil yang mungkin tidak diinginkan," ujar Pep seperti dikutip World Football.

"Tapi bagi saya itu tidak masalah. Dua hari ke depan kami akan menghadapi pertandingan di Piala FA. Khusus untuk Piala FA kali ini, kami belum pernah bertanding di kandang dalam ajang Piala FA. Situasi ini membuat saya harus menggunakan semua pemain yang saya miliki."

"Dalam beberapa pertandingan ke depan, pemain seperti Fabian Delph dan pemain lain yang biasa duduk di bangku cadangan mungkin akan saya mainkan. Jadwal yang begitu padat, dan menghadapi tim-tim penting seperti Monaco dan Liverpool, membuat saya harus memainkan semua pemain saya. Jika tidak, situasi akan menjadi semakin sulit," tambahnya.

Sementara itu, Mark Hughes, manajer Stoke City mengungkapkan bahwa ia senang David Silva menjadi bagian dari rotasi Pep dalam pertandingan melawan timnya. Hughes secara khusus memberikan kredit kepada pemain asal Spanyol ini. Ia menganggap Silva punya kemampuan umpan yang bagus dan tenang ketika menguasai bola.

"Jika saya boleh jujur, saya senang (David) Silva menjadi bagian dari rotasi Pep. Anda bisa lihat pengaruhnya dalam pertandingan ini ketika ia masuk ke lapangan," ungkap Hughes.

"Ketenangannya ketika menguasai bola, kemampuannya untuk memberikan umpan dengan baik dan akurat menjadikannya pemain kelas dunia dengan kemampuan luar biasa. Tapi ketika ia di bench, kami tidak terlalu takut padanya," tambahnya.

Komentar