Unai Emery Beberkan Penyebab Kekalahan Telak PSG di Camp Nou

Berita

by redaksi 40320

Unai Emery Beberkan Penyebab Kekalahan Telak PSG di Camp Nou

Tak ada yang menyangka jika Paris Saint-Germain yang mengemas keunggulan 4-0 pada leg pertama harus memupus harapan mereka untuk menyisihkan Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. Pada leg kedua yang digelar di Camp Nou, kandang Barcelona (9/3), PSG kalah 6-1 sehingga tersisih dengan agregat 5-6.

Pelatih PSG, Unai Emery, menyalahkan para pemainnya pada laga ini. Menurutnya para pemainnya tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan baik itu ketika bertahan maupun menyerang. Selain itu ia juga menyoroti kesalahannya dalam menerapkan strategi bertahan.

"Ketika kami menganalisis [kekalahan ini], betul jika kami melewatkan sebuah kesempatan emas," kata Emery seperti yang dikutip Guardian. "Pada babak pertama merupakan kesalahan kami, kami tidak melakukan tekanan atau menguasai bola dengan baik. Kami bertahan sangat dalam dan mereka memiliki banyak kesempatan mencetak gol. Kami menciptakan kesalahan untuk dua gol di babak pertama."

Meski Emery mengakui kesalahan taktik yang ia terapkan pada laga ini, pelatih asal Spanyol ini tetap mengkritisi keputusan wasit yang dinilai cukup merugikan timnya. Hal inilah yang membuat skuatnya kehilangan konsentrasi di menit-menit akhir.

"Kami lebih tenang di babak kedua dan berada di posisi yang lebih baik. Kami lebih baik dan memiliki kesempatan untuk mengubah skor menjadi 3-2. Tapi keputusan wasit menentang kami sehingga kami kehilangan segalanya di menit-menit akhir. Barcelona mampu melakukan itu. Mereka memberikan segalanya atau tidak sama sekali di menit akhir. Tidak ada yang bisa dijelaskan lagi dari apa yang terjadi."

Sementara itu, Presiden PSG asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi, enggan berkomentar banyak mengenai tersingkirnya PSG. Meskipun begitu ia tampak cukup kecewa dengan hasil ini. "Tidak ada alasan lain, kami tak bermain [baik] di babak pertama. Setelah kemenangan 4-0 di leg pertama, hasil ini sangat sulit untuk diterima."

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, mengakui bahwa dukungan para pendukung Barcelona yang tidak meninggalkan stadion hingga pertandingan berakhir menjadi salah satu suntikan motivasi bagi anak asuhnya untuk menciptakan keajaiban ini. Dukungan Barcelonistas ini pun memang cukup mengaruhi permainan PSG.

"Kami terpengaruh oleh atmosfer pertandingan pada babak pertama," kata Enrique seperti yang dikutip Dailymail.

Komentar