Pemain Terloyal Liga Primer: John Terry

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pemain Terloyal Liga Primer: John Terry

Selama 18 tahun enam bulan adalah waktu yang telah dihabiskan oleh John Terry bersama Chelsea sejauh ini. Dengan angka tersebut, Terry pun berhasil terpilih menjadi pemain paling loyal yang masih merumput di Liga Primer saat ini.

Mengawali karier sepakbolanya pada tahun 1998, Terry memang tak pernah memiliki niat untuk meninggalkan The Blues menuju kesebelasan lain. Dalam rentang waktu tersebut, Terry pun sebetulnya kerap kali mendapatkan tawaran yang menggiurkan agar mau hengkang dari Chelsea. Salah satunya adalah dari Manchester City pada tahun 2009 silam.

City, yang ketika itu tengah membangun kekuatan sepakbolanya, memberikan tawaran resmi kepada Chelsea dengan mahar transfer yang mencapai 29 juta paun. Akan tetapi, karena memiliki niat untung gantung sepatu di Stamford Bridge, Terry pun buru-buru menemui Roman Abramovich dengan tujuan untuk membicarakan masa depannya itu. Kepada taipan asal Rusia tersebut, Terry pun mengungkapkan komitmennya untuk tetap bertahan bersama Chelsea.

"Mereka [City] menawarkan 29 juta paun untuk saya di tahun 2009 dan Chelsea menolaknya. Saya sempat mengadakan pertemuan dengan Roman mengenai hal tersebut. Saya mengatakan padanya, `Jika klub menerima tawaran itu, maka saya katakan bahwa saya tidak ingin melakukannya`,” sebut Terry dalam wawancara bersama Jamie Carragher untuk Daily Mail beberapa waktu lalu.

"Jadi ketika Anda tidak punya pilihan, Anda harus pergi. Namun jika mereka tidak menerima itu, saya sudah tahu lebih dari cukup bahwa mereka membutuhkan saya. Chelsea menolak tawaran tersebut dan tak ada yang terjadi,” tambahnya.

Selain Terry, CIES Football Observatory pun merilis data pemain paling loyal lainnya. Di antara daftar tersebut, nama Wayne Rooney dan Theo Walcott membuntuti Terry di posisi kedua dan ketiga dengan catatan tahun yang mencapai 12,5 tahun dan 11 tahun.

Meski demikian, nama Terry masih tetap kalah jika dibandingkan dengan loyalitas yang dimiliki oleh kapten AS Roma, Francesco Totti. Dengan catatan yang telah mencapai 24 tahun berseragam I Lupi, Totti pun dinobatkan sebagai pemain paling loyal, yang masih aktif bermain, di Eropa saat ini.

Berikut adalah daftar pemain paling loyal di Liga Primer:

Chelsea: John Terry (18,5 tahun)
Manchester United: Wayne Rooney (12,5)
Arsenal: Theo Walcott (11)
West Ham: Mark Noble (10)
Everton: Leighton Baines/Phil Jagielka (9,5)
Leicester City: Andy King (9,5)
Liverpool: Lucas Leiva (9,5)
Stoke City: Ryan Shawcross (9,5)
Swansea City: Angel Rangel (9,5)
West Brom: James Morrison/Chris Brunt (9,5)
Manchester City: Pablo Zabaleta/Vincent Kompany (8,5)
Sunderland: Lee Cattermole (7,5)
Bournemouth: Harry Arter/Marc Pugh (6,5)
Burnley: Dean Marney (6,5)
Watford: Troy Deeney (6,5)
Southampton: James Ward-Prowse (5,5)
Tottenham: Kyle Walker (5,5)
Crystal Palace: Joel Ward/Damien Delaney (4,5)
Hull City: Eldin Jakupovic/David Meyler (4,5)
Middlesbrough: Grant Leadbitter/George Friend (4,5)

Komentar