Ini Respons Conte Soal Sindiran Fabregas Terhadap Kante dan Matic

Berita

by Muhammad Firza Richsan 32272

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ini Respons Conte Soal Sindiran Fabregas Terhadap Kante dan Matic

Beberapa hari lalu, Cesc Fabregas buka suara perihal minimnya menit bermain yang ia dapatkan di musim ini. Dalam sebuah wawancara dengan Chelsea TV, gelandang asal Spanyol itu terlihat sedikit menyindir dua rekannya, yakni N’golo Kante dan Nemanja Matic.

Jatah bermain Fabregas memang menjadi berkurang berkat kedua pemain itu. Maka tak heran ia bisa melontarkan kata-kata ‘di zaman sekarang, cukup dengan berlari banyak di lapangan seseorang akan mendapatkan jam bermain lebih banyak’.

Menanggapi hal ini, Antonio Conte pun mencoba untuk mendinginkan suasana. Mantan pelatih timnas Italia tersebut sepertinya sadar betul jika Fabregas tengah menemui titik puncak kejengahannya akibat sering diparkir di musim ini.

Maka dari itu, ia mencoba untuk kembali melontarkan pujian kepada pemain jebolan akademi La Masia tersebut. Menurut Conte, tak masalah jika Fabregas tidak banyak berlari di pertandingan, karena ia pun sadar jika kecepatan pemain berusia 29 tahun tersebut terletak dalam pikirannya.

“Ini benar, tetapi bukan hanya terjadi dalam sepakbola. Sebagai contoh, jika berpikir tentang tenis 10 tahun atau 15 tahun yang lalu, mereka bermain menggunakan raket kayu. Juga dengan kecepatan bolanya yang hanya berada di angka 100-120 mph. Dan sekarang berada di 200 mph, saya rasa dalam setiap olahraga Anda harus kompetitif dalam setiap aspek, termasuk dalam aspek fisik,” cetus Conte sepeti yang dikutip ESPN.

“Ini bukan sepakbola modern, tetapi olahraga modern. Anda harus mau meningkatkan kualitas setiap tahun, setiap catatan. Usain Bolt mengubah cerita. Sebelumnya, Anda berlari sejauh 100m dengan waktu 10 hingga 11 detik. Tetapi sekarang sudah sembilan detik, itu artinya Anda harus dapat meningkatkan kualitas selalu.”

“Cesc adalah seorang pemain top dan jenius dalam sepakbola. Saya dapat membicarakan hal yang sama tentang Andrea Pirlo. Kita berbicara tentang seseorang yang jenius dalam sepakbola.”

“Cesc jika ia tidak berlari sejauh 100m dalam waktu 10 detik, saya membiarkannya, karena ia seorang jenius ketika menguasai bola. Kecepatannya terletak dalam pikirannya. Dengan Cesc kita dapat bekerja banyak mengenai aspek taktik, dengan ini ia dapat meningkatkan penempatan posisinya. Cesc saya rasa pemain yang berbeda.”

Conte pun menambahkan jika keputusannya untuk mencadangankan pemain kelahiran Katalan itu bukanlah sesuatu yang dapat mencerminkan permainannya buruk atau tidak sesuai dengan skema yang diusungnya. Ia tetap menilai jika Fabregas merupakan pemain yang sangat penting bagi timnya.

“Terkadang Anda harus membuat keputusan untuk melihat keseimbangan di dalam tim. Dan terkadang Anda harus membuat keputusan yang berbeda. Bagi saya Cesc adalah pemain yang sangat penting, dan saya selalu mencoba menempatkan dia dalam kondisi terbaik untuk memberikan yang terbaik juga bagi tim,” tambahnya.

“Sampai saat ini saya sangat senang terhadapnya. Tapi jangan lupa ditempatnya terdapat Kante. Pemain yang dikatakan banyak orang sebagai pemain terbaik di liga ini. Lalu ada Matic yang juga bermain dengan sangat luar biasa.”

“Ketika Anda memiliki dua pemain yang mampu menunjukkan permainan terbaik di hadapan Anda, itu bukanlah hal yang mudah. Sama halnya dengan Pedro dan Willian.”

“Hal ini terkadang membuat saya kesulitan untuk tidur, dan kesulitan untuk membuat keputusan yang terbaik, tapi saya lebih menyukai masalah yang sejenis ini. Hal paling penting adalah para pemain ini mau benar-benar terlibat dalam tim. Cesc bermain bersama kami dan itu sangat penting bagi tim, dan saya senang akan hal ini,” tutup Conte.

Sumber: ESPN

Komentar