Kalah dari Darmstadt, Tuchel Akui Dortmund Bermain Buruk

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kalah dari Darmstadt, Tuchel Akui Dortmund Bermain Buruk

Setelah melewati 12 pertandingan terakhir tanpa terkalahkan di semua kompetisi, Borrusia Dortmund akhirnya mau tak mau mendapatkan hasil minor tersebut dalam lanjutan Bundesliga pekan ke-20. Bertandang ke Jonathan-Heimes Stadion, markas SV Darmstadt (11/2/17), Der BVB takluk dengan skor tipis 2-1. Gol tuan rumah sendiri dicetak oleh Terrence Boyd dan Antonio Mirko Colak, sementara satu-satunya gol Dortmund dicetak oleh Raphael Guerreiro.

Pada pertandingan ini, Damrstadt memang tampil sesuai harapan dan tak gentar dengan nama besar tamunya. Sebelum mencetak gol pada menit ke-21, Terrence Boyd tercatat sebagai pemain yang selalu menebar ancaman bagi pertahanan Die Borrusen sejak peluit tanda pertandingan dibunyikan.

Setelah kemasukan gol pertama, Dortmund memang terlihat semakin kesulitan untuk mengembangkan permainan. Dan butuh waktu hingga menit-menit akhir babak pertama bagi anak asuh Thomas Tuchel untuk dapat menyamakan kedudukan. Diawali dari kerja sama Julian Weighl dan Emre Mor, Guerreiro yang berhasil meloloskan diri dari kawalan pemain Darmstadt, mampu melepaskan tembakan voli kaki kiri yang menghujam deras ke gawang Michael Esser.

Di awal babak kedua, Dormundt mencoba untuk mengambil inisiatif serangan terlebih dulu. Namun tuan rumah pun tidak tinggal diam, karenya nyatanya mereka lah yang justru mampu kembali menambah angka setelah Antonio Mirko Colak sukses meloloskan diri dari jebakan offside pada menit ke-67.

Setelah terjadinya gol tersebut, Darmstadt terlihat semakin bersemangat untuk mencari gol ketiganya pada pertandingan ini. Hanya empat menit berselang, Dortmund nyaris saja tertinggal 3-1 andai tembakan yang dilepaskan oleh Colak tidak membentur mistar gawang.

Peluang itu pun menjadi peluang terakhir yang terjadi pada laga ini. Dan hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor akhir 2-1 bagi kemenangan Darmstadt tetap tidak berubah.

Selepas laga, pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, mengakui jika timnya tampil buruk. Pelatih berusia 43 tahun itu pun menyebut Darmstadt layak untuk memenangkan pertandingan karena Dortmund bermain jauh dari level yang dimilikinya.

“Kemenangan yang sangat layak bagi Damstadt. Jika kami bermain jauh dari level yang kami miliki, maka wajar jika kami kalah, dan lawan memang menampilkan permainan terbaik yang dimilikinya. Masuk akal apabila tim yang bermain dengan potensi penuh memenangi pertandingan. Kami memang layak kalah pada pertandingan ini,” ungkap Tuchel seperti yang dilansir laman resmi klub.

Dengan kekalahan ini, posisi Dortmund di posisi keempat pun kemungkinan akan tergeser oleh Hoffenheim yang baru akan memainkan laga lanjutannya pada hari Minggu (12/2/17) ini.

foto: BVB

Komentar