Roma Hancurkan Fiorentina Empat Gol Tanpa Balas

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Roma Hancurkan Fiorentina Empat Gol Tanpa Balas

Dikudetanya posisi kedua klasemen oleh Napoli membuat AS Roma tidak tinggal diam begitu saja. Kala menjamu Fiorentina di Stadion Olimpico, Rabu (8/2/17) dini hari tadi, tim serigala ibukota itu mengamuk dan menghabisinya dengan skor empat gol tanpa balas.

Edin Dzeko menjadi bintang pada pertandingan ini berkat sumbangsih dua golnya. Sementara kedua gol sisa dicetak oleh Federico Fazio dan Radja Nainggolan.

Di awal laga, Fiorentina sebenarnya mampu membuat kubu tuan rumah kerepotan. Federico Chiesa bahkan hampir membuat tim asal kota Florence tersebut unggul 1-0 andai sepakannya yang telah mengelabui Wojciech Szczesny tidak dihalau oleh Fazio di mulut gawang.

AS Roma baru bisa mendapatkan peluang berarti pertamanya di menit ke-20. Diawali dari pergerakan Nainggolan yang mengecoh dua pemain , Bruno Peres yang mendapatkan sodoran bola darinya hampir saja membawa Roma unggul andai sepakan placing-nya tidak menyamping tipis dari gawang Ciprian Tatarusanu.

Sepuluh menit berselang, Peres lagi-lagi mendapatkan peluang yang seharusnya dapat berbuah gol andai ia mampu lebih tenang dalam mengeksekusi bola di depan gawang Fiorentina setelah menerima bola yang kembali diberikan oleh Nainggolan.

Di menit ke-39, Edin Dzeko akhirnya mampu keluar sebagai pemecah kebuntuan setelah ketenangannya dalam meneruskan bola hasil pemberian Daniele De Rossi berbuah gol pertama bagi I Lupi. Gol dari pemain Bosnia-Herzegovina ini pun menjadi satu-satunya yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan dan mendominasi permainan. Gol kedua yang dicari pun akhirnya tercipta pada menit ke-57 melalui sundulan Fazio yang memanfaatkan tembakan bebas De Rossi di sisi kiri pertahanan Fiorentina. Pelanggaran ini sendiri terjadi setelah Dzeko dijatuhkan oleh Gonzalo Rodriguez.

Di menit ke-75, anak asuh Luciano Spalletti itu kembali berhasil memperlebar jarak menjadi 3-0 melalui gol yang diciptakan oleh Nainggolan. Gol ini bermula dari serangan balik cepat yang berujung pada umpan silang dari Kevin Strootman yang akhirnya mampu diteruskan oleh gelandang asal Belgia tersebut.

Setelah tertinggal tiga gol, organisasi permainan Fiorentina semakin berantakan. Hal inilah yang akhirnya mampu dimanfaatkan oleh Dzeko untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-83. Skor 4-0 bagi kemenangan Roma pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Francesco Totti dkk. mampu kembali menggeser Napoli dari peringkat kedua klasemen sementara. Selain itu, kemenangan ini pun menjadi yang ke-11 kalinya secara beruntun yang mampu diraih oleh I Giallorossi di laga kandang.

foto: asroma

Komentar