Salam Perpisahan Lampard Kepada Sepakbola

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Salam Perpisahan Lampard Kepada Sepakbola

Setelah 21 tahun berkecimpung di dunia sepakbola profesional, pemain yang lama membela Chelsea, Frank Lampard, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kariernya di usia yang ke-38. Walaupun saat ini ia mengakui masih banyak menerima tawaran untuk bermain, namun pemilik 106 caps bersama timnas Inggris itu menilai jika sekarang lah waktu yang tepat bagi dirinya untuk gantung sepatu.

Keputusan itu pun diumumkan sendiri oleh Lampard melalui Instagram pribadinya (@franklampard) pada hari Kamis (2/2/17) kemarin. Dalam unggahannya tersebut, pemain kelahiran 20 Juni 1978 itu tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua orang yang telah berjasa dalam karier sepakbolanya, termasuk kepada Chelsea, West Ham, Manchester City, dan New York City, yang menjadi tempat bagi dirinya untuk menendang si kulit bundar.

Berikut adalah kutipan surat perpisahan dari seorang Frank Lampard.

Setelah 21 tahun yang luar biasa, saya memutuskan bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepakbola profesional. Meskipun saya menerima sejumlah tawaran menggiurkan untuk terus bermain baik di Inggris maupun di luar negeri, dengan usia 38 tahun, saya merasa saat inilah waktu yang tepat untuk memulai babak baru dalam hidup saya.

Saya sangat bangga dengan sejumlah trofi yang sudah saya dapatkan, memperkuat negara saya lebih dari 100 kali dan mencetak lebih dari 300 gol di sepanjang karier. Saya berterima kasih kepada banyak orang. Terima kasih kepada orang tua saya yang telah menanamkan nilai-nilai kerja keras, dedikasi dan profesionalisme. Nilai yang saya terus pegang dalam setiap hal yang saya lakukan.

Saya juga akan sangat selalu berterimakasih kepada keluarga saya, istri saya Christine dan kedua anak perempuan saya, Luna dan Isla. Apa yang telah kalian lakukan untuk saya di luar lapangan menjadi kekuatan saya saat bermain. Saya sangat mencintai kalian.

Juga kepada teman-teman dan semua rekan setim yang selalu ada untuk saya. Saya ingin berterimakasih kepada rekan-rekan yang luar biasa, pelatih, manajer dan semua staf yang pernah bekerja sama dengan saya. Saya merasa terhormat dapat bekerja dengan kalian.

Saya juga berterima kasih kepada semua klub yang pernah saya perkuat. Pertama, West Ham United yang memberikan saya debut pada 1996. Terima kasih kepada semua orang di sana yang telah memberikan kepercayaan saat saya masih muda.

Juga kepada Manchester City dan New York City FC. Saya sangat menikmati tahun-tahun terakhir saya bermain di dua klub tersebut dan sangat menghargai dukungan yang saya terima dari City Football Group dan suporter kedua klub.

Tentu saja, sebagian besar hati saya adalah untuk Chelsea. Klub yang telah memberikan saya begitu banyak kenangan manis. Saya tak akan pernah melupakan kesempatan yang mereka berikan kepada saya dan kesuksesan yang telah kami raih bersama.

Mustahil untuk mengucapkan rasa terima kasih satu per satu kepada seluruh orang yang telah membantu saya selama 13 tahun berkarier di sana. Semuanya dapat saya katakan sejak hari pertama saya menandatangani kontrak, hingga saat ini, dan selanjutnya. Selamanya saya akan mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh orang untuk segalanya.

Para pendukung Chelsea selalu memberikan dukungan kepada saya dan rekan-rekan saya dengan sangat luar biasa. Gairah yang mereka perlihatkan membuat saya pribadi selalu ingin memberikan yang terbaik dari tahun ke tahun. Saya tak bisa melakukannya jika tanpa mereka

Lampard memulai karier sepakbolanya ketika bergabung dengan akademi West Ham pada tahun 1994. Ia kemudian mendapatkan debutnya di tim senior dua tahun kemudian. Pada tahun 2001, Lampard akhirnya hijrah ke Chelsea dengan dana transfer yang mencapai 11 juta paun.

Bersama The Blues, hampir seluruh gelar pernah ia rasakan, mulai dari Liga Primer Inggris tiga kali, FA Cup empat kali, Piala Liga dua kali, Community Shield dua kali, serta Liga Champions dan LigaEuropa masing-masing satu kali. Selain itu, Lampard pun berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang sejarah dengan 211 gol dalam 626 penampilannya di semua kompetisi.

Setelah 13 tahun berseragam biru London, Lampard sempat mencicipi satu musim bermain bersama Manchester City. Setelah itu, ia pun akhirnya terbang ke Amerika Serikat untuk bermain bersama New York City. Dan dari total 21 tahunnya bermain di dunia sepakbola, Lampard berhasil membukukan 287 gol serta 178 asis dari 958 penampilan.

Sumber lain: Daily Mail

Komentar