Rangkuman La Liga 2016/2017: Jornada 20

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Rangkuman La Liga 2016/2017: Jornada 20

Laga-laga yang tersaji pada La Liga 2016/2017 jornada 20 dari 28-31 Januari 2017 telah berakhir. Pertandingan terakhir jornada ini terjadi antara Las Palmas vs Valencia pada Selasa (31/1/2017) dini hari.

Jornada ini menjadi pekan paling menguntungkan bagi Real Madrid. Selain karena keberhasilan meraih kemenangan atas Real Sociedad, Madrid juga diuntungkan dengan terjungkalnya para pesaing seperti Barcelona, Sevilla dan Atletico Madrid.

Selain keberhasilan Real Madrid menjauh dari para pesaingnya, terdapat beberapa momen menarik yang terjadi pada jornada ini termasuk gol hantu pada laga antara Real Betis vs Barcelona. Berikut momen-momen menarik yang tersaji pada La Liga 2016/2017 jornada 20.

Osasuna dan Malaga Masih Belum Bisa Menang di 2017

Osasuna dan Malaga harus puas bermain imbang pada jornada ini saat kedua kesebelasan bertemu di Estadio El Sadar, kandang Osasuna. Hasil ini membuat kedua kesebelasan, baik Osasuna maupun Malaga belum pernah meraih kemenangan di 2017.

Kegagalan meraih poin penuh untuk kesekian kalinya ini membuat Osasuna semakin terjerembab di zona degradasi. Mereka tertinggal 10 poin dari zona aman. Sedangkan bagi Malaga membuat mereka tetap berada di papan tengah klasemen sementara.

Villareal Kembali ke Jalur Kemenangan

Villareal akhirnya mampu meraih kemenangan kembali, setelah enam laga tanpa menang di semua kompetisi. Kemenangan ini diraih Villareal dari Granada yang saat ini berada di posisi buncit klasemen sementara.

Berkat kemenangan ini, kembali membuka asa mereka untuk masuk zona Liga Champions. Saat ini mereka hanya terpaut dua poin saja dari Atletico Madrid yang berada di posisi terakhir zona Liga Champions.

Tujuh Laga Tak Terkalahkan Alaves di Kandang pada Semua Kompetisi

Alaves berhasil menunjukkan keperkasaan mereka saat bermain di kandang termasuk saat menahan imbang Atletico Madrid pada jornada ini. Total Alaves tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir saat bermain di depan pendukungnya sendiri. Dari tujuh laga tersebut, mereka pun berhasil mencatatkan empat kali clean sheet.

Sementara itu bagi Atletico Madrid, kegagalan membawa pulang tiga poin membuat mereka tertinggal dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen dan bisa memupus harapan untuk meraih gelar juara. Saat ini mereka tertinggal 10 poin dari Madrid yang masih menyisakan satu laga tunda.

Eibar Catatkan Kemenangan Pertama atas Deportivo La Coruna di La Liga

Eibar berhasil mencatatkan kemenangan pertama mereka atas Deportivo La Coruna di La Liga. Kemenangan ini diraih oleh Eibar saat menjamu Super Depor (julukan Deportivo La Coruna) di jornada 20 ini dengan skor 3-1. Pada tiga laga sebelumnya Eibar selalu mengalami kekalahan dari La Coruna.

Dengan hasil ini, Eibar berhasil duduk pada posisi ke-9 klasemen sementara. Sedangkan bagi La Coruna, hasil ini membuat mereka tidak beranjak dari posisi ke-16 klasemen sementara, terpaut enam poin dari zona degradasi.

Gol Debut Alvaro Lemos dan kemenangan tandang kedua Celta Vigo di La Liga

Pada jornada 20 ini, pelatih Celta Vigo, Eduardo Berizzo menurunkan pemain debutan, Alvaro Lemos. Kepercayaan ini pun dijawab oleh Lemos dengan gol yang diciptakannya pada laga ini. Gol pemain berusia 23 tahun tersebut merupakan satu dari dua gol yang tercipta pada laga yang dimenangkan oleh Celta Vigo ini.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan tandang kedua di La Liga bagi Celta Vigo sepanjang musim ini. Berkat hasil yang diraihnya ini, Celta Vigo berhasil mendekat ke zona Eropa.

Insiden Gol Hantu Warnai Laga Real Betis Melawan Barcelona

Barcelona gagal memperpendek jarak dengan Real Madrid yang berada di puncak klasemen. Penyebabnya adalah kegagalan mereka meraih poin penuh saat bertandang ke Benito Villamarin, kandang Real Betis.

Sebenarnya Barcelona bisa saja meraih kemenangan pada laga ini. Andai saja bola yang masuk ke gawang Real Betis pada menit ke-79 disahkan sebagai gol oleh wasit. Keputusan tersebut tentu sangat merugikan Barcelona. Akibat dari insiden gol hantu ini membuat El Barca harus puas membawa satu poin saja.

Marc Navarro, Sang Bintang Baru Espanyol

Keperkasaan Sevilla yang baru saja berhasil meraih start terbaik sepanjang sejarah mereka di La liga harus terhenti di tangan Espanyol. Pemain muda Espanyol, Marc Navarro menjadi bintang utama pada laga ini.

Pemain yang baru di promosikan dari Espanyol B pada Januari 2017 ini berhasil mencatatkan satu gol dan satu asis. Ini menjadi gol kedua baginya setelah gol pertama diciptakannya pada jornada 18 lalu. Ini artinya ia berhasil mencetak dua gol dari dua laga pertamanya bersama Espanyol. Prestasi ini cukup impresif mengingat posisinya adalah seorang full-back kanan.

Athletic Bilbao Raih Kemenangan Pertama di La Liga pada 2017

Gol penalti Aritz Aduriz pada laga Athletic Bilbao vs Sporting Gijon mengantarkan kesebelasannya, Bilbao meraih kemenangan pertama di La Liga pada 2017. Ini menjadi tiga poin penuh pertama bagi Bilbao setelah pada tiga laga La Liga sebelumnya di 2017, mereka hanya mampu membawa pulang masing-masing satu poin dari setiap pertandingan.

Dengan kemenangan yang diraih, Bilbao kembali membuka peluang untuk masuk ke zona Eropa. Saat ini mereka berada di peringkat ke-7 klasemen sementara tertinggal dua poin dari peringkat ke-6, Villareal yang merupakan tempat terakhir untuk zona Eropa.

Kemenangan Kandang Ketujuh Secara Beruntun Real Madrid di La Liga

Setelah bermain tidak terlalu baik pada beberapa pertandingan sebelumnya. Real Madrid kembali berhasil meraih kemenangan yang cukup meyakinkan. Los Blancos (julukan Real Madrid) berhasil mengalahkan Real Sociedad dengan skor 3-0 di Santiago Bernabeu.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kandang ketujuh secara beruntun real madrid di La Liga. Berkat hasil ini Madrid juga semakin kokoh di puncak klasemen dan sedikit menjauh dari kejaran para pesaingnya yang meraih hasil buruk pada jornada ini.

Jonathan Viera Selalu Cetak Gol Ketika Melawan Valencia

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa “mantan memang menyakitkan” itu benar adanya. Jika tidak percaya coba taanyakan saja pada Valencia. Mereka yang sedang berada dalam kondisi yang membaik dengan meraih dua kemenangan beruntun di La Liga, harus menerima kenyataan pahit dari mantan pemain mereka.

Jonathan Viera merupakan sang mantan tersebut. Pemain Las Palmas tersebut mencetak gol penyama kedudukan pada laga yang berkesudahan dengan skor 3-1 ini. Ini menjadi gol keempat Viera saat berseragam Las Palmas ke gawang Valencia dalam empat pertemuan terakhir mereka di La Liga. Valencia pun tidak pernah meraih kemenangan dalam empat pertemuan tersebut.

Foto: Diambil dari akun twitter @MarcNavarro7 @VieraJonathan, vigoe.es

Komentar