Mane Gagal Penalti, Senegal Tersingkir dari Piala Afrika

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mane Gagal Penalti, Senegal Tersingkir dari Piala Afrika

Dalam ajang Piala Afrika 2017, Kamerun secara mengejutkan mampu menyingkirkan Senegal dan berhasil menggenggam tiket ke semifinal, Minggu (29/1/2017) dini hari. Senegal, yang menjadi unggulan pertama dalam turnamen ini, disingkirkan oleh anak asuh Hugo Broos melalui drama adu penalti setelah dalam waktu 120 menit kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Di laga ini, baik Senegal dan Kamerun, menampilkan permainan keras ciri khas tim-tim Afrika. Kehadiran Sadio Mane di lini depan memang membuat Senegal lebih sering menekan di laga ini. Sementara tim Lions Indomtables lebih mengandalkan skema serangan balik cepat.

Akan tetapi, karena solidnya pertahanan yang digalang oleh kedua tim membuat pertandingan yang dilangsungkan di Stade de Franceville, Gabon ini menjadi berakhir dengan skor kacamata. Dengan begitu, tiket semifinal pun harus diperebutkan lewat babak adu penalti.

Dalam babak ini, keempat penendang pertama Kamerun mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara di kubu Senegal, Sadio Mane, yang ditunjuk menjadi algojo keempat gagal menaklukkan, Fabrice Ondoa, kiper yang juga membela tim Sevilla B yang berada di bawah mistar Kamerun.

Suka cita pun menghampiri kubu Kamerun setelah Vincent Aboubakar, yang menjadi penendang penentu, mampu menceploskan bola melalui sepakan kerasnya ke sudut kiri gawang Senegal. Berkat kemenangan ini, Kamerun pun menjadi tim kedua yang lolos ke semifinal menyusul Burkina Faso yang pada pertandingan sebelumnya menang 2-0 atas Tunisia.

Komentar