Sesal Zamparini Memecat Pioli dari Palermo

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Sesal Zamparini Memecat Pioli dari Palermo

Menjelang pertandingan antara Palermo melawan Inter Milan dalam lanjutan Serie A 2016/2017 giornata 21 malam nanti (22/1), Presiden Palermo, Maurizio Zamparini, mengakui dirinya menyesal telah memecat Stefano Pioli. Pioli, yang kini menjadi pelatih Inter Milan, pernah ditunjuk sebagai pelatih Palermo pada Juni 2011.

Namun, ia hanya dipercaya memimpin Palermo di dua laga Liga Eropa saja. Lalu ia dipecat pada 31 Agustus 2011 sebelum Serie A 2011/2012 dimulai karena gagal membawa Palermo lolos ke babak grup Liga Eropa 2011/2012.

Pemecatan pelatih oleh Zamparini bukanlah hal yang mengagetkan banyak pihak. Pria berusia 75 tahun ini memang terkenal tidak sabaran dan gemar memecat pelatih. Namun, mengakui bahwa dirinya menyesal atas pemecatan Pioli merupakan hal yang jarang dilakukannya.

“Kami langsung mengerti satu sama lain dan saya menghargai Pioli pertama kalinya sebagai seorang pria dan kemudian sebagai pelatih," ujar Zamparini kepada La Gazzetta dello Sport seperti dikutip oleh Football Italia.

“Saya salah telah memecatnya, tapi pada saat itu saya pikir kami tidak lagi memiliki kondisi untuk terus bersama-sama. Saya menerima saran yang buruk dari Direktur Olahraga.”

Jika pada pertandingan malam nanti Pioli dengan Inter Milannya berhasil mengalahkan Palermo, tentu akan membuat Zamparini semakin menyesali keputusannya memecat sang pelatih berusia 51 tahun tersebut. Apalagi penampilan Inter di bawah asuhan Pioli semakin membaik.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Inter Milan menggantikan Frank De Boer, Pioli berhasil membawa perubahan di kubu Nerazzurri. Inter yang pada awal musim terseok-seok, berhasil diangkat permainannya oleh Pioli dengan bertengger pada posisi keenam klasemen sementara Serie A 2016/2017.

Sementara itu, Zamparini dengan Palermonya sedang berada di zona degradasi. Kesebelasan asal Sisilia ini tertingal delapan poin dari Empoli yang berada satu tingkat di atas zona degradasi. Posisi pelatih Eugenio Corini juga sedang berada di bawah ancaman pemecatan jika Palermo tidak bisa keluar dari zona degradasi. Sebelumnya Zamparini sudah memecat dua pelatih musim ini yaitu Davide Ballardini dan Roberto De Zerbi.

Baca juga: Kebiasaan Zamparini Memecat Pelatih Merupakan Level Ekstrem Budaya Italia

Foto: sky.it

Komentar