Hutang 40 Juta Euro Mengganjal Maradona untuk Jadi Duta Napoli

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Hutang 40 Juta Euro Mengganjal Maradona untuk Jadi Duta Napoli

Setelah sekian lama, salah satu pemain terbesar yang pernah dilahirkan di sepakbola, Diego Maradona, kembali ke kota Naples pada Senin (16/1) waktu setempat. Maradona diundang sebagai tamu dalam perayaan 30 tahun atas gelar scudetto pertama Napoli. Maradona merupakan aktor utama di balik suksesnya Napoli 30 tahun lalu.

Maradona merupakan legenda terbesar yang dimiliki oleh Napoli. Ia memperkuat Napoli selama tujuh tahun dan mempersembahkan dua gelar juara Serie A, satu gelar juara Piala UEFA (sekarang Liga Eropa) dan satu gelar juara Coppa Italia. Saking berjasanya Maradona bagi Napoli, nomor punggung 10 yang dipakai Maradona ketika bermain di Napoli pun dipensiunkan oleh klub.

Saat kembali ke Italia tersebut, Maradona sempat mengobrol panjang lebar dengan Presiden Napoli saat ini, Aurelio De Laurentiis. Dalam obrolan tersebut, Laurentiis menawarkan jabatan sebagai duta Napoli kepada Maradona. Namun hal itu baru bisa diperolehnya ketika sudah menyelesaikan permasalahan pajak dengan pemerintah Italia. Pemerintah Italia mengklaim bahwa Maradona mempunyai utang pajak sebesar 40 juta euro. Namun hal tersebut dibantah oleh Maradona yang mengungkapkan bahwa ia sudah membayar pajak tersebut.

“Kami berbicara dalam waktu yang lama di Roma pada hari Sabtu (14/1)," ujar Laurentiis seperti dikutip oleh Football Italia. "Begitu Maradona menyelesaikan masalah dengan pajak, ia akan menjadi duta Napoli di seluruh dunia."

Sementara itu Maradona merasa seperti berada di rumah ketika kembali ke kota Naples dan itulah yang menjadi alasan ia meninggalkan Barcelona pada 1984 lalu.

“Saya merasa di rumah di sini, seperti yang selalu saya lakukan," ujar Maradona seperti dikutip oleh Football Italia. “Saya tidak pernah mengkhianati Anda. Saya berada di Barcelona, salah satu klub terbesar di dunia. Gaspart mengatakan kepada saya untuk tidak pergi, ia akan menawarkan kontrak lima tahun lagi dengan gaji dua kali lipat.”

"Tapi saya bilang tidak, karena saya bertengkar dengan Presiden Nunez dan mengatakan kepadanya Napoli sedang menunggu saya. Dibandingkan dengan uang, saya lebih memilih untuk mengejar sepakbola."

foto: mirror.co.uk

Komentar