Round Up: La Liga 2016/2017 Jornada 18

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Round Up: La Liga 2016/2017 Jornada 18

Pertandingan-pertandingan di La Liga 2016/2017 jornada 18 telah berakhir. Pertandingan terakhir pada jornada ini terjadi antara Malaga vs Real Sociedad Selasa (17/1) dini hari. Dari hasil pada jornada 18 ini, Real Madrid masih memimpin klasemen sementara. Namun mereka hanya unggul satu poin saja dari Sevilla yang berada di peringkat kedua.

Sevilla berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan Real Madrid sekaligus menempel ketat Madrid di papan klasemen sementara pada jornada ini. Selain keberhasilan Sevilla ini juga terdapat beberapa momen menarik dan rekor lainnya yang tercipta. Berikut kami sajikan beberapa momen menarik dan rekor yang tercipta pada jornada 18 La Liga 2016/2017.

Lionel Messi samai rekor Raul Gonzalez

Barcelona berhasil meraih kemenangan 5-0 atas Las Palmas pada jornada 18 Sabtu (14/1). Gol-gol Barcelona pada pertandingan ini diciptakan oleh Luis Suarez dengan dua golnya, Lionel Messi, Arda Turan dan Aleix Vidal.

Gol Messi pada pertandingan ini menjadi gol ke-35 ke gawang 35 kesebelasan berbeda di La Liga. Messi berhasil menyamai rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Real Madrid, Raul Gonzalez.

Raul yang mengetahui rekornya disamai oleh Messi memberikan pujian kepada bintang Barcelona tersebut melalui cuitan di akun Twitter. Cuitan tersebut ditulis oleh Raul setelah ia mendapat mention dari akun Twitter La Liga. Berikut cuitan Raul di akun Twitternya: “sebuah kesenangan untuk menikmati gol Anda setiap hari.”

Selain rekor Messi, pertandingan ini juga menjadi momen indah bagi Aleix Vidal juga berhasil mencetak gol pertamanya untuk Barcelona.

Clean Sheet ke-8 Sergio Asenjo

Sergio Asenjo benar-benar menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang Villareal musim 2016/2017 ini. Ia berhasil mencatatkan clean sheet ke-8 nya di La Liga musim ini pada pertandingan antara Deportivo La Coruna vs Villareal Minggu (15/1).

Pertandingan ini berakhir dengan kedudukan imbang 0-0. Hasil ini membuat Villareal tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di La Liga. Clean sheet yang diciptakan oleh Asenjo pada pertandingan ini menjadikan ia sebagai pemilik clean sheet terbanyak La Liga 2016/2017 ini.

Ketangguhan Asenjo di bawah mistar gawang membuat Villareal susah dibobol oleh tim lawan musim ini. Villareal menjadi kesebelasan yang paling sedikit kebobolan di La Liga dengan hanya kebobolan 12 gol dari 18 pertandingan.

Valencia menang untuk pertama kali sejak Oktober 2016

Jornada 18 ini menjadi pekan yang indah bagi Valencia. Mereka berhasil meraih kemenangan pertama sejak Oktober 2016. Valencia berhasil mengalahkan Espanyol dengan skor 2-1 saat bermain di Stadion Mestalla Minggu (15/1).

Kemenangan ini membuat Valencia berhasil menjauhkan poin dari kejaran Sporting Gijon yang berada di zona degradasi dengan selisih empat poin. Valencia memang sedang berada pada periode buruk pada La Liga 2016/2017 ini.

Di saat krisis seperti ini mereka malah ditinggalkan sang pelatih, Cesare Prandelli yang mengundurkan diri Desember 2016. Saat ini Valencia dilatih oleh caretaker, Salvador Gonzalez atau lebih dikenal dengan Voro. Kemenangan ini tentu akan mengembalikan kepercayaan diri para pemain Valencia untuk bangkit dan menjauh dari zona degradasi.

Gol debut Stevan Jovetic hentikan rekor Real Madrid

Rekor tak terkalahkan Real Madrid selama 40 pertandingan di semua kompetisi harus berakhir di jornada 18 ini setelah dikalahkan oleh Sevilla Senin (16/1). Aktor dibalik keberhasilan Sevilla menghentikan rekor Madrid ini adalah pemain baru mereka, Stevan Jovetic.

Masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan ini, Jovetic berhasil menciptakan gol kemenangan bagi Sevilla pada menit ke-91. Ini menjadi gol debut bagi Jovetic di La Liga sekaligus menjadi gol keduanya bagi Sevilla di semua kompetisi sejak didatangkan dari inter Milan. Gol pertama Jovetic bagi Sevilla juga tercipta ke gawang Real Madrid pada laga Copa Del Rey tengah pekan lalu (12/1).

Selain Jovetic, Sergio Ramos juga mencuri perhatian pada pertandingan ini dengan menciptakan gol bunuh diri pertamanya sepanjang kariernya di La Liga.

Dan yang lebih menarik lagi, gol bunuh diri Ramos tersebut tercipta pada menit-menit akhir. Ramos yang akhir-akhir ini terkenal sering menciptakan gol pada menit-menit akhir bagi Madrid malah mencetak gol ke gawang sendiri pada menit-menit akhir pula. Akibatnya banyak meme kocak bermunculan di media sosial terkait gol bunuh diri Ramos tersebut.

Only this time it was in the wrong place 😳#SergioRamos Follow @instatroll.soccer for more 🙈

A photo posted by Football Soccer (@instatroll.soccer) on

Real Sociedad selalu menang 2-0 di laga tandang jika Juanmi mencetak gol

Real Sociedad berhasil kembali ke jalur kemenangan pada jornada 18 Selasa (17/1). Sociedad berhasil mengalahkan tuan rumah Malaga dengan skor 2-0. Kedua gol tersebut diciptakan oleh Inigo Martinez dan Juanmi.

Ada sebuah fenomena menarik yang tercipta jika Juanmi menciptakan gol untuk Sociedad di laga tandang La Liga 2016/2017 ini. Sociedad pasti meraih kemenangan 2-0 atas sang tuan rumah. Sebelumnya Osasuna dan Granada sudah menjadi korbannya.

Sementara itu berkat golnya pada pertandingan ini, Inigo Martinez menjadi bek dengan gol terbanyak kedua di La Liga 2016/2017 di bawah Sergio Ramos. Inigo Martinez dengan tiga golnya, sedangkan Sergio Ramos dengan empat golnya.

foto: bleacherreport.net

Komentar