Jurgen Klopp: Tak Perlu Ada yang Ditakutkan dari Manchester United

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Jurgen Klopp: Tak Perlu Ada yang Ditakutkan dari Manchester United

Menjelang laga Manchester United melawan Liverpool, Minggu (15/1), manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengungkapkan jika dirinya sama sekali tidak merasa takut terhadap Manchester United. Meskipun United mampu memenangi laga sebanyak sebelas kali beruntun, menurut Klopp, segala kemungkinan bisa saja terjadi meski Liverpool sendiri tengah berada di bawah performa yang tidak meyakinkan saat ini.

“Tidak ada alasan untuk takut. Apa yang harus saya takutkan? Dalam momen seperti ini, apapun bisa saja terjadi. United bisa saja tidak berada dalam performa terbaiknya di hari Minggu nanti. Tidak ada satu pun yang tahu tentang itu,” ujar Klopp seperti yang dikutip The Guardian.

“Saya tidak takut terhadap hal-hal seperti ini. Saya mempunyai waktu untuk menyadari apa yang telah terjadi di permainan sejauh ini. Saat ini saya merasa 100% yakin, saya benar-benar telah siap untuk menyongsong laga nanti.”

Klopp sendiri menyoroti jeda waktu sebelum laga melawan MU nanti digelar. Dalam rentang waktu tersebut, penting baginya untuk menemukan masalah yang membuat Liverpool tampil buruk dan segera mendapatkan solusi ketika pertandingan berikutnya digelar.

“Saya mempunyai begitu banyak kekalahan dalam hidup saya, terlebih ketika masih menjadi pemain – juga ketika telah menjadi manajer –. Maka dari itu, saya tahu jika kekalahan bukanlah suatu masalah. Justru reaksi Anda lah yang menjadi masalahnya," tutur Klopp.

"Kami telah memiliki waktu selama empat hari untuk bereaksi dari pertandingan buruk yang telah kami mainkan, untuk bermain di laga yang sangat penting (melawan United). Saya menyukainya. Itulah yang seharusnya dilakukan dalam sepakbola: Anda harus bereaksi segera. Jadi, mari kita pikirkan tentang ini, bukan tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak dapat melakukannya.”

Saat ini, Liverpool masih berada di posisi kedua dengan poin 44, sementara United masih berada di posisi ke enam dengan 39 angka. Liverpool pun akan kembali memimpin dengan jarak delapan poin andai mereka mampu memenangi laga di Old Trafford nanti, dan andai hal itu terjadi, Klopp memilih untuk tak memperdulikannya, ia pun menolak untuk menyebut laga ini sebagai laga penentu untuk memuluskan langkah mereka dalam merebut gelar Liga Inggris musim ini.

“Saya tidak peduli, sebenarnya. Hal terakhir yang justru saya pikirkan adalah andai United mampu kembali dan mempersempit jarak dengan kami. Tentu itu akan membuat jarak kembali melebar (andai kami mampu memenangi laga), tetapi saat ini mereka telah berada di belakang tim teratas klasemen dengan jarak beberapa angka.”

“Perjalanan di musim ini masih panjang, laga ini pun tidak akan banyak menentukan. Saat ini semua orang berpikir jika Chelsea dapat memenangi seluruh pertandingan mereka, dan saya tidak tahu apa yang mereka (orang-orang) pikirkan tentang Tottenham. Laga internasional akan kembali lagi di bulan Februari dan kemudian semuanya akan kembali berjalan sulit,” tutup Klopp.

Jika dilihat dari pernyataan Klopp, ia pun sedikitnya memiliki rasa was-was terhadap performa yang ditunjukkan oleh United. Terlebih ketika ia menyadari jika United saat ini telah berada di belakang tim teratas dengan selisih jarak yang hanya beberapa angka. Akan tetapi Klopp pun dapat sedikit lega, dua gelandang andalan mereka, Philippe Coutinho dan Jordan Henderson dikabarkan telah pulih dari cedera, Klopp pun berencana memasang mereka sejak awal laga.

Komentar