Xavi: Tiongkok Bisa Jadi Tujuan Karier Pemain Terbaik di Dunia

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Xavi: Tiongkok Bisa Jadi Tujuan Karier Pemain Terbaik di Dunia

Salah satu legenda Barcelona, Xavi Hernandez, menyebutkan jika Tiongkok kini telah menjadi destinasi yang nyata bagi para pemain-pemain top di dunia. Xavi pun mewanti-wanti para klub di Eropa untuk lebih memperhatikan para pemainnya jika tidak ingin ditinggalkan sang pemain menuju Tiongkok.

Dalam jangka kurang dari satu bulan ini saja, Liga Super Tiongkok berhasil mendatangkan Carlos Tevez, Oscar, Axel Witsel, dan John Obi Mikel. Dan Xavi percaya, dengan kekuatan finansialnya, para pemain-pemain besar lainnya akan segera berdatangan ke Tiongkok. Ia pun mengungkapkan jika Tiongkok baru saja mulai membangun kekuatan sepakbola.

“Saat ini, Tiongkok menjalankannya dengan sangat serius. Untuk waktu yang lama, Eropa selalu menjadi destinasi bagi para pemain top di dunia. Tiongkok menunjukkan jika mereka mengerti bisnis dan mereka mempunyai kekuatan finansial untuk menarik para pemain terbaik yang berkiprah di Eropa. Saat ini (Liga Tiongkok) telah memiliki pemain-pemain terbaik, tetapi tampaknya mereka baru saja akan memulainya,” cetus Xavi kepada The Sun.

“Kita telah melihat beberapa pemain terbaik bergabung dengan MLS, tetapi itu biasanya dilakukan di penghujung kariernya. Apa yang Tiongkok lakukan benar-benar berbeda karena mereka menarik pemain top yang sedang berada di puncak karier mereka. Gaji yang mereka tawarkan pun tak dapat ditandingi oleh tim-tim Eropa. Dan itulah mengapa Tiongkok menjadi destinasi yang nyata bagi para pemain terbaik.”

“Untuk waktu yang lama, kita berpikir untuk bermain di salah satu dari empat atau lima liga terbaik Eropa, dan bermain di Liga Champions. Akan tetapi, jika Tiongkok mampu membuat liga yang kompetitif dengan pemain dan pelatih yang top, itu mungkin akan membuat Eropa menjadi bukan satu-satunya tujuan karier para pemain terbaik di dunia,” tambah Xavi.

foto: thesun

Komentar