Chelsea Berpeluang Lampaui Rekor Arsenal

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Chelsea Berpeluang Lampaui Rekor Arsenal

Chelsea berhasil meraih kemenangan atas Stoke City dengan skor 4-2 di Stamford Bridge pada lanjutan Liga Primer Inggris 2016/2017 pekan ke-19 malam tadi (31/12). Kemenangan ini membuat Chelsea meraih kemenangan ke-13 mereka secara beruntun dalam satu musim sekaligus menyamai rekor yang diraih Arsenal pada musim 2001/2002.

Jika pada pekan ke-20 nanti melawan Tottenham Hotspur Chelsea mampu meraih kemenangan ke-14 mereka secara beruntun, itu artinya mereka telah berhasil melewati rekor kemenangan Arsenal dalam satu musim Liga Primer Inggris. Arsenal memang pernah meraih 14 kemenangan secara beruntun di Liga Primer Inggris, tetapi hal itu dilakukan mereka dalam dua musim, yaitu 13 kemenangan pada musim 2001/2002 dan satu kemenangan pada musim 2002/2003.

Pertandingan antara Chelsea melawan Stoke ini berjalan cukup menarik. Apalagi kedua kesebelasan awalnya saling membalas dalam hal mencetak gol. Chelsea memang cukup dominan pada pertandingan ini dengan menguasai penguasaan bola sebesar 60% berbanding 40% yang dipunyai Stoke. Dalam hal tembakan juga Chelsea juga unggul jauh dengan 18 tembakan (7 tembakan mengarah ke gawang), sementara Stoke hanya melepaskan 5 tembakan (2 tembakan mengarah ke gawang). Namun Stoke cukup efektif dalam memanfaatkan peluang yang mereka dapatkan.

Chelsea berhasil unggul terlebih dahulu pada pertandingan ini melalui gol Gary Cahill pada menit ke-34 memanfaatkan tendangan sudut Cesc Fabregas. Lalu Stoke berhasil membalas pada awal babak pertama melalui gol Bruno Martins Indi pada menit ke-46.

11 menit kemudian Chelsea kembali unggul berkat gol Willian yang memanfaatkan umpan Eden Hazard. Namun Stoke kembali mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-64 melalui Peter Crouch memanfaatkan umpan Mame Biram Diouf.

Akan tetapi skor tersebut hanya bertahan satu menit saja setelah Willian mencetak gol keduanya pada pertandingan ini, ia berhasil memanfaatkan umpan Fabregas. Dan akhirnya Diego Costa berhasil melengkapi kemenangan Chelsea menjadi 4-2 melalui golnya pada menit ke-85

Manajer Chelsea, Antonio Conte, memuji anak asuhnya atas usaha keras dan semangat mereka yang berhasil meraih kemenangan pada pertandingan ini.

"Kami sangat senang tetapi saya harus mengatakan selamat kepada semua pemain saya karena ini merupakan prestasi besar bagi mereka, untuk klub dan untuk para pendukung kami," ujar Conte kepada Sky Sports.

"Setelah musim yang buruk tahun lalu, saya senang untuk mereka karena setiap hari selama sesi latihan dan selama pertandingan, saya melihat sikap yang baik, kerja keras yang cukup besar, kehendak untuk melawan dan kemauan untuk mencoba untuk menang. Hari ini, setelah tim lain membuat skor imbang dua kali, mereka menunjukkan keinginan untuk mencari kemenangan lain. Saya senang untuk mereka dan mereka layak untuk ini.”

Terkait rentetan kemenangan ini, Conte menyebutkan bahwa kedekatan dengan pemain menjadi salah satu faktor penting. Ia berusaha menciptakan suasana kekeluargaan dalam skuatnya.

"Saya pikir sangat penting untuk memiliki hubungan yang baik antara saya dan para pemain. Bersama-sama, semua orang yang bekerja untuk Chelsea dan dengan kami, saya pikir itu adalah rahasia sebenarnya. Ini adalah keluarga antara kami dan kami menang dan kalah bersama,” tambhanya.

Conte juga memuji kinerja para pemainnya selama paruh musim pertama. Ia menganggap kerja keras dan kemauan yang tinggi untuk menang dari para pemainnya lah yang membuat Chelsea mampu tampil baik selama paruh musim pertama Liga Primer Inggris.

“Paruh musim pertama kami sangat baik, tapi itu logis bila Anda memiliki 19 pertandingan dan Anda dapat memenangkan 16 pertandingan di antaranya, meraih hasil imbang satu kali dan mengalami kekalahan dua kali. Itu berarti Anda melakukannya dengan sangat baik dan bekerja sangat keras,” ujar Conte kepada Sky Sports.

"Seperti saya katakan, saya pikir pemain saya layak untuk ini karena mereka menunjukkan semangat yang besar untuk menang, bekerja sangat keras dan selalu meningkatkan kemampuan mereka di setiap pertandingan sehingga menemukan resolusi untuk menang."

foto : thesun.co.uk

Komentar