Belum Berencana Pensiun, Barry Bisa Lampaui Rekor Giggs

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Belum Berencana Pensiun, Barry Bisa Lampaui Rekor Giggs

Pemain Everton, Gareth Barry, belum mempunyai rencana pensiun meskipun sudah berusia 35 tahun. Hal ini ia katakan kepada Sky Sports menjelang laga antara Everton melawan Hull City. Gareth Barry berpeluang menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Primer Inggris.

Barry hingga saat ini sudah tampil di 611 pertandingan Liga Primer Inggris. Jumlah itu didapatnya selama 18 tahun kariernya di Liga Primer Inggris dengan memperkuat Aston Villa, Manchester City dan Everton. Ia tertinggal 21 pertandingan dari pemilik rekor penampilan terbanyak di Liga Primer Inggris yaitu mantan pemain Manchester United, Ryan Giggs. Giggs tampil pada 632 pertandingan Liga Primer Inggris hanya bersama satu kesebelasan yaitu Manchester United.

Walaupun sudah berusia 35 tahun, Barry tetap menjadi andalan Everton musim 2016/2017 ini. Ini terbukti dengan dipercayanya Barry untuk tampil pada 16 pertandingan musim ini di Liga Primer Inggris. Barry pun mampu memberikan kontribusi berupa dua gol dan satu asis.

Berbicara kepada Sky Sports, Barry mengatakan bahwa ia sudah beberapa kali bertanya pada dirinya sendiri tentang kelanjutan kariernya.

“Ini akan sulit untuk terus melanjutkannya, pada waktu seperti ini,” ujarnya seperti yang dikutip oleh Sky Sports. “Secara mental, Anda telah melalui periode yang sulit ketika tim tidak bisa memenangkan pertandingan. Lalu berpikir, `apakah saya seharusnya terus bermain di sini? Apakah saya seharusnya menggantung sepatu?`. Tapi tidak, saya akan terus bermain.”

“Saya sudah sering berbicara dengan teman-teman yang sudah pensiun dan bahkan sebelum itu serta pemain yang sudah tua. Satu hal yang selalu mereka katakan adalah bermainlah selama Anda bisa.”

Menurut Barry untuk terus bisa bermain pada level yang sama sampai berusia lebih dari 30 tahun, seorang pesepakbola harus selalu memberikan 100 persen kemampuannya dalam latihan.

“Anda harus mempunyai sikap yang sama sejak dari menjadi seorang pemain muda, itulah jalan terbaik untuk menuju ke atas, karena permainan ini akan menangkap Anda jika Anda menurunkan level Anda atau Anda mulai melakukan sesuatu yang berbeda, ia akan datang dan menemukan Anda.”

“Anda tahu bahwa peran Anda akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu karena bertambahnya usia Anda, tetapi Anda akan tetap seperti yang saya lakukan dari usia 17 tahun sampai sekarang. Caranya adalah dengan selalu memberikan 100 persen kemampuan Anda dalam latihan. Jika manajer membutuhkan saya, saya akan pergi ke sana dan melakukan pekerjaan saya.”

Barry melakukan debut di Liga Primer Inggris pada 2 Mei 1998 bersama Aston Villa. Ketika itu ia masih berusia 17 tahun. Pengalaman tersebut disebut Barry masih menjadi hal yang paling membuat dirinya gugup.

“Itu masih merupakan perasaan gugup paling parah yang saya rasakan sampai sekarang; masuk ke dalam lapangan sepakbola, benar-benar berlari selama 35 menit dan saya tidak yakin dengan apa yang terjadi tapi yang jelas debut tersebut membuat saya senang. Itu momen spesial,” ujarnya seperti dikutip oleh Sky Sports.

“Pada saat berusia 17 tahun Anda masih sangat muda. Ketika Anda melihat pemuda 17 tahun sekarang, mereka datang dan kadang-kadang bermain dengan kami, dan Anda berpikir Anda berada di posisi itu, ruang ganti penuh dengan orang-orang berpengalaman berusia 30 tahun, dan masuk ke ruang ganti itu cukup menakutkan.”

Kata-kata yang diucapkan oleh Barry tersebut mungkin bisa menjadi pembelajaran bagi para pesepakbola muda atau mereka yang ingin menjadi pesepakbola. Agar tetap mampu bermain maksimal sampai berusia lebih dari 30 tahun.

foto : eurosport.com

Komentar