Pietro Pellegri Samai Rekor Pemain Paling Muda Dalam Sejarah Serie-A

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pietro Pellegri Samai Rekor Pemain Paling Muda Dalam Sejarah Serie-A

Setelah dikalahkan di kandang sendiri oleh Palermo pada pekan lalu, lagi-lagi Genoa mengalami nasib buruk karena dikalahkan Torino di Stadion Olimpiade pada dini hari tadi, Jumat (23/12). Genoa menelan kekalahan tipis 1-0 yang membuat mereka masih tertahan di urutan ke-12 klasemen sementara Serie-A 2015/2016. Walau demikian, Genoa berhasil menyamai rekor yang telah bertahan sejak tahun 1937 melalui salah satu pemainnya.

Adalah Pietro Pellegri, pemuda kelahiran Genova, Italia, 17 Maret 2001, yang menjadi aktornya. Pellegri merupakan penyerang asli didikan akademi Genoa. Menurut transfermarkt, Pellegri sudah dipromosikan dari tim Genoa junior ke Genoa U-17 ketika masih berusia 14 tahun. Ia pun sudah menjadi bagian dari timnas Italia U-15 dan U-16. Namun catatan golnya tidak menarik karena hanya mampu mencetak satu gol dari 15 penampilannya bersama tim muda Azzuri, julukan Italia.

Pada musim ini, Pellegri kembali dipromosikan dari tim U-17 ke tim U-19 Genoa yang berlaga di kompetisi Primavera C. Pellegri pun kini mulai tampil cukup apik dengan keberhasilannya mencetak empat gol dalam sembilan pertandingan di kompetisi tersebut. Pellegri sangat pas ditempatkan sebagai ujung tombak karena memiliki tinggi tubuh mencapai 188 cm. Selain mampu dalam menyelesaikan peluang menjadi gol, ia juga kuat dalam melindungi bola dan lihai memantulkannya.

Atribut-atribut yang dimilikinya cukup untuk menarik minat tim-tim besar kepadanya. Juventus dan AC Milan bahkan dikabarkan tengah saling sikut demi mendapatkan potensinya. Masyarakat Italia pun kini mulai menyebut-nyebut dirinya sebagai Christian Vieri baru. Sedangkan pelatih Genoa, Ivan Juric, berani melabeli Pellegri sebagai Lionel Messi baru.

Juric sadar betul jika Pellegri sedang dalam monitor tim-tim besar. Untuk mensiasatinya, ia memilih cara yang cukup cerdik dengan menarik masuk Pellegri ke dalam tim utama Genoa yang berkompetisi di Serie-A. Pada pertandingan melawan Torino, Juric menarik keluar Tomas Rincon dan memasukannya pada menit ke-88. Pellegri memang tidak bisa memberikan kontribusi lebih di pertandingan itu karena hanya mampu menyentuh bola dan melakukan operan sebanyak satu kali saja.

Namun Pellegri boleh berbangga hati atas secuil kesempatannya itu. Ia berhasil menyamai salah satu rekor di Serie-A yang bertahan selama 79 tahun. Rekor tadi dimiliki mantan pemain AS Roma yang bernama Amedeo Amadei. Pada tahun 1937, Amedei, menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Serie-A. Usianya saat itu baru menginjak 15 tahun 280 hari. Pun dengan Pellegri yang memainkan debutnya dengan usia yang sama dengan Amadei pada laga dini hari tadi.

foto: La Gazetta dello Sport

Komentar