Sempat Sulit Menang, Pep Guardiola Mulai Dapatkan Teguran Keras dari Manajemen City

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Sempat Sulit Menang, Pep Guardiola Mulai Dapatkan Teguran Keras dari Manajemen City

Menjelang laga antara Manchester City vs Watford dini hari tadi (15/12), manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Guardiola mengatakan bahwa ia bisa saja mengalami pemecatan untuk pertama kalinya selama karier manajerialnya di Manchester City.

“Sepakbola bukanlah sebuah proyek jangka panjang,” ujarnya seperti yang dikutip oleh The Telegraph. "Anda harus segera menang dan jika Anda tidak menang, Anda akan berada dalam masalah.”

“Kami akan bermain dengan cara saya yang saya suka, terkadang memang terjadi kesalahan, tapi, saya tidak bisa melakukan yang tidak saya suka. Anda harus meminimalkan kesalahan untuk memenangkan pertandingan tapi saya percaya dengan cara yang akan saya mainkan, jadi saya minta maaf saya tidak bisa melakukan itu (perubahan). Pemilik klub dan direksi akan memutuskan (masa depan saya), tapi tidak mungkin (saya akan mengubahnya),” tambahnya.

Guardiola juga mengatakan bahwa ia merasa para pemilik klub percaya dengannya, tetapi ia tetap saja harus memenangkan pertandingan agar posisinya sebagai manajer tetap aman.

"Saya merasa mereka (pemilik) percaya dengan saya tetapi kenyataannya adalah bahwa Anda harus menang,” ujarnya seperti yang dikutip oleh The Telegraph. “Ketika saya datang ke sini, saya tahu saya harus menang, segera. Ini tidak adil dalam banyak kasus, tetapi Anda tahu perusahaan-perusahaan besar di dunia, jika sesuatu tidak bekerja, Anda harus menemukan solusi. Biasanya orang yang pergi adalah orang yang ingin membantu pemain mencapai level terbaik.”

"Saya adalah orang pertama yang akan disalahkan. Jadi, saya berpikir apa yang harus saya lakukan untuk membantu mereka tanpa mengubah, karena saya percaya dengan cara saya, dengan beradaptasi dengan kekhasan liga,” tambahnya.

"Itu tidak akan terlalu baik, tentu saja, dan proyek-proyek jangka panjang tidak ada di sepakbola. Kemudian orang lain harus bertanggung jawab karena Anda harus menang. Tentu saja klub harus mempersiapkan dalam jangka panjang, tapi pelatih, manajer, mereka harus menang, atau sesuatu akan terjadi."

Guardiola memang sedang berada dalam masa sulit di Manchester City. Sebelum meraih kemenangan atas Watford dini hari tadi, Manchester City mengalami dua kekalahan beruntun dan tidak pernah menang di kandang sendiri sejak 17 September 2016.

Sampai pada gameweek 16 Liga Premier Inggris, City berada pada peringkat keempat klasemen sementara dengan poin 33 yang didapat dari 10 kemenangan, tiga hasil imbang dan tiga kekalahan. Saat ini City tertinggal tujuh poin dari Chelsea yang berada di puncak klasemen.

Guardiola tentu harus menemukan solusi tepat agar City bisa bermain konsisten tanpa mengubah gaya mainnya seperti yang diinginkan olehnya. Dan tentunya dia harus bisa beradaptasi dengan Liga Inggris secepatnya jika tidak ingin mengalami pemecatan pertamanya sebagai manajer. Hal yang tentunya belum pernah ia rasakan sebelumnya.

foto : express.co.uk

Komentar