Cetak Hat-Trick, Salomon Rondon Masuk Buku Rekor

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Cetak Hat-Trick, Salomon Rondon Masuk Buku Rekor

Setelah perjuangannya untuk menahan gempuran Chelsea di Stamford Bridge akhir pekan lalu berakhir dengan kekecewaan, kali ini hal itu enggan untuk diulangi oleh West Bromwich Albion. Menjamu Swansea di markas mereka, The Hawthorns Stadium, dini hari tadi (15/12/16), West Brom mengamuk dan berhasil menang dengan skor 3-1. Ketiga gol West Brom tersebut diborong oleh penyerang asal Venezuela, Salomon Rondon.

Sebelum menyongsong pertandingan ini, manajer West Brom, Toni Pulis, sempat dibuat pusing oleh cederanya bek mereka Jonny Evans. Evans yang merupakan bek andalan West Brom mengalami cedera pasca pertandingan melawan Chelsea. Posisi Evans pun digantikan oleh Jonas Olsson.

Di babak pertama kedua tim bermain dalam tempo yang lambat dan cenderung monoton, skor 0-0 hingga waktu turun minum pun tidak terelakan. Pada babak kedua situasinya berubah, West Brom lebih banyak melancarkan serangan melalui umpan-umpan silang. Hasilnya pun langsung instan. Tiga gol berhasil dijarangkan oleh Solomon Rondon melalui sundulannya. Masing-masing pada menit ke-50, 61, dan 63.

Hattrick yang diciptakannya dalam jangka waktu 13 menit itu nyatanya menjadi hattrick pertama di liga Primer yang tercipta melalui sundulan sejak tahun 1997. Adalah mantan pemain Everton, Duncan Ferguson, yang menjadi orang pertama yang melakukannya ketika Everton menang 3-2 atas Bolton ketika itu. Rondon pun kini bergabung bersama Ferguson sebagai pencetak hattrick melalui sundulan yang dicatat ke dalam buku rekor.

Selepas laga, Toni Pulis pun langsung memberikan komentarnya terhadap penampilan luar biasa yang diperlihatkan oleh anak asuhnya, terutama Rondon.

“Saya mengerti Sal (Rondon) akan menjadi pusat perhatian, dan tadi itu sungguh hattrick melalui sundulan yang sangat fantastis. Tetapi saya lebih senang dengan kerja keras yang diperlihatkan tim pada pertandingan malam ini,” ungkap Pulis seperti yang dilansir laman resmi klub.

“Kami memiliki beberapa rintangan yang harus diatasi dalam pertandingan. Kami bermain satu hari setelah Swansea memainkan laganya di akhir pekan kemarin, itu memberikan mereka lebih banyak waktu istirahat dibanding kami. Tetapi kami bermain tidak seperti biasanya pada pertandingan ini, dan itulah yang menjadi alasan kami dapat memenangkan pertandingan.”

“Saya sangat senang dengan apa yang diperlihatkan tim karena kami memainkan laga tengah pekan yang begitu alot. Sekarang kami harus memberikan mereka istirahat ,dan kembali siap menghadapi Manchester United pada hari Sabtu nanti,” tambahnya.

Sementara sang pencetak trigol, Salomon Rondon, pun mengaku sangat senang dengan apa yang diraihnya pada malam ini. Ia pun sangat mengapresiasi perjuangan yang dilakukan oleh rekan-rekannya.

“Saya sangat senang, terima kasih. Ini berkat tim yang bekerja sangat keras. Mereka memberikan umpan silang yang sangat bagus terhadap saya. Sekali lagi, walau saya mencetak tiga gol malam ini, tapi yang paling penting adalah umpan silangnya, Matt Phillips dan Christ Brunt memberikannya dengan sangat fantastis” ungkap Rondon yang diwawancarai oleh WBA TV selepas laga.

Rondon pun mengungkapkan jika hattrick pertamanya yang diraih bersama West Brom ini merupakan momen yang sangat spesial baginya. Ia pun turut memberikan rasa terima kasihnya kepada para suporter yang selalu memberikan dukungan terhadap dirinya dan tim.

“Ini menjadi best moment kedua saya semenjak bergabung dengan tim ini. Yang kesatu adalah gol pertama saya ke gawang Stoke City, lalu kemudian hattrick ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para fans. Bukan untuk saya, tapi untuk tim. Terima kasih atas dukungan yang selalu diberikan secara luar biasa.”

Dengan hasil yang diperolehnya ini, Rondon menjadi pencetak hattrick kelima bagi West Brom, di sepanjang sejarah keikutsertaannya di Liga Primer, setelah Robert Earnshaw, Romelu Lukaku, Peter Odemwingie, Somen Tchoyi.

Selamat, Rondon!

Komentar