Ketika "Gol" Zulham Berubah Jadi Sepak Pojok

Berita

by redaksi 101761

Ketika "Gol" Zulham Berubah Jadi Sepak Pojok

Pendukung tim nasional Indonesia bersuka cita. Pada leg pertama final Piala AFF 2016 yang digelar Rabu (14/12/2016), Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2-1. Indonesia sempat tertinggal lewat gol Teerasil Dangda, namun dapat dibalas lewat gol yang dilesakkan Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Namun dari kemenangan ini, tampaknya masih ada yang mengganjal bagi sebagian pendukung Indonesia. Sebelum terjadinya gol Hansamu Yama pada babak kedua, Zulham Zamrun (masuk menggantikan Andik Vermansah yang cedera) terlihat mencetak gol. Namun ternyata wasit malah memberikan sepak pojok bagi Indonesia, yang kemudian berbuah gol Hansamu.

Beberapa penonton menyadari bahwa tak ada yang salah dengan situasi tersebut. Namun bagi penonton yang di stadion atau seperti yang tempat nonton bareng yang kami adakan hal ini cukup mengherankan. Apalagi bagi yang di stadion, ketika jala gawang Thailand yang dikawal Kawin Thamsatchanan bergetar, mayoritas mengira tendangan Zulham tersebut merupakan gol.

Hingga pagi tadi, atau sehari setelah pertandingan, beberapa orang pun menanyai hal ini pada kami lewat mention di Twitter. Banyak yang masih kebingungan terkait hal ini.

Namun setelah kami telisik, memang tidak ada yang aneh dengan insiden tersebut. Tendangan Zulham Zamrun saat itu memang tidak membobol gawang Thailand. Tendangan kaki kiri pemain Persib Bandung ini menyamping ke kanan gawang Kawin, yang kemudian membentur tiang luar gawang dan mengubah alur bola ke tengah gawang; inilah yang membuat bola seperti masuk gawang.

Lalu kenapa kemudian menjadi sepak pojok bagi Indonesia? Hal ini dikarenakan tendangan Zulham, seperti yang bisa dilihat dalam cuplikan video di atas, membentur kaki bek Thailand, Adison Promrak. Jika tidak ada Promrak, mungkin tendangan Zulham akan mengarah ke gawang, tidak keluar lapangan yang kemudian membentur tiang luar gawang.

Ketika "gol" Zulham hanya berbuah sepak pojok, sebagian penonton timnas, setidaknya di tempat kami mengadakan nonbar dan yang berada di stadion, sempat mengutuk keputusan wasit tersebut. Tapi dengan gol Hansamu Yama yang merupakan hasil dari sepak pojok buah dari tendangan Zulham tersebut, para pendukung Indonesia langsung kembali bersuka ria merayakan gol pembalik keadaan bagi Indonesia menjadi 2-1, di mana skor ini menjadi hasil akhir pertandingan.

Zulham setidaknya turut berkontribusi bagi kemenangan Indonesia kali ini. Sebelumnya, tak sedikit yang mendiskreditkan dirinya, apalagi ketika Indonesia kebobolan oleh Phil Younghusband kala melawan Filipina (Zulham yang melanggar). Kali ini, Zulham berhasil membuktikan diri dengan memberikan kontribusi bagi kemenangan Indonesia.

Komentar