Beberapa Skenario untuk Mengakhiri Babak Grup Liga Champions 2016/17

Berita

by redaksi

Beberapa Skenario untuk Mengakhiri Babak Grup Liga Champions 2016/17

Liga Champions UEFA akan memainkan pertandingan pamungkasnya, yaitu matchday keenam di babak penyisihan grup (group stage). Pertandingan yang akan digelar Rabu (07/12) dan Kamis (08/12) dini hari nanti ini akan menentukan siapa saja kesebelasan yang berhak lolos ke babak 16 besar (knock-out phase) Liga Champions, maupun yang akan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa UEFA.

Dari 32 kesebelasan yang dibagi ke dalam delapan grup, setiap kesebelasan berarti akan memainkan enam pertandingan di babak penyisihan grup ini. Peraturan penentuan poin adalah seperti biasanya, yaitu 3 poin untuk setiap kemenangan, 1 poin untuk setiap hasil imbang, dan tidak mendapatkan poin untuk setiap kekalahan.

Seluruh kesebelasan di masing-masing grup akan diurutkan berdasarkan poin tersebut. Jika ada dua atau lebih kesebelasan yang memiliki poin yang sama, maka ada kriteria yang berlaku untuk menentukan posisi klasemen.

Kriteria tie breakers di antara kesebelasan-kesebelasan yang memiliki poin sama ini sudah diatur pada regulasi UEFA pasal 17 ayat 1 (Artcile 17.01) mengenai Equality of points – group stage, yang memiliki urutan sebagai berikut:

  1. Poin yang lebih tinggi yang didapatkan pada babak penyisihan grup di antara kesebelasan-kesebelasan tersebut (head-to-head);
  2. Selisih gol di babak penyisihan grup di antara kesebelasan-kesebelasan tersebut;
  3. Jumlah gol yang lebih banyak yang dicetak di babak penyisihan grup di antara kesebelasan-kesebelasan tersebut;
  4. Jumlah gol tandang yang lebih banyak yang dicetak di babak penyisihan grup di antara kesebelasan-kesebelasan tersebut;
  5. Jika setelah mengaplikasikan keriteria 1 sampai 4, kesebelasan-kesebelasan masih memiliki peringkat yang sama, kriteria 1 sampai 4 akan diaplikasikan kembali secara eksklusif untuk pertandingan-pertandingan yang melibatkan kesebelasan-kesebelasan tersebut untuk menentukan peringkat mereka. Jika prosedur ini masih tidak menghasilkan peringkat akhir, maka kriteria 6 sampai 12 akan diaplikasikan;
  6. Selisih gol yang lebih superior di seluruh pertandingan babak penyisihan grup;
  7. Jumlah gol yang lebih banyak di seluruh pertandingan babak penyisihan grup;
  8. Jumlah gol tandang yang lebih banyak di seluruh pertandingan babak penyisihan grup;
  9. Jumlah kemenangan yang lebih banyak di seluruh pertandingan babak penyisihan grup;
  10. Jumlah kemenangan tandang di seluruh pertandingan babak penyisihan grup;
  11. Jumlah poin yang lebih rendah yang berkaitan mengenai kedisiplinan, yang dihitung berdasarkan perolehan kartu kuning dan kartu merah di seluruh pertandingan babak penyisihan grup (kartu merah = 3 poin, kartu kuning = 1 poin, dua kartu kuning untuk pemain yang sama dalam satu pertandingan = 3 poin);
  12. Koefisien kesebelasan yang lebih tinggi.

Dengan terlebih dahulu sudah memahami regulasi di atas, kita kemudian bisa mendapatkan beberapa skenario yang akan ditentukan di matchday keenam yang akan dilangsungkan Rabu (07/12) dan Kamis (08/12) dini hari nanti. Silakan lihat jadwal siaran langsung pertandingan untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Pada bagian selanjutnya di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa skenario, yang kami bagi ke dalam setiap grup. Urutan kesebelasan kami urutkan berdasarkan posisi klasemen. Kemudian kami juga memberikan beberapa keterangan menggunakan warna tulisan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Warna biru menandakan kesebelasan yang sudah pasti lolos sebagai juara grup.
  • Warna biru muda menandakan kesebelasan yang lolos ke babak 16 besar, bisa sebagai juara grup atau runner-up.
  • Warna merah magenta menandakan kesebelasan yang antara masih bisa lolos ke babak 16 besar maupun yang masih bisa terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.
  • Warna hijau menandakan kesebelasan yang sudah tidak bisa lolos ke babak 16 besar, tetapi masih bisa terlempar ke babak 32 besar Liga Europa maupun tereliminasi.
  • Warna kuning menandakan kesebelasan yang sudah dipastikan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.
  • Warna merah menandakan kesebelasan yang sudah tereliminasi, artinya kesebelasan ini bahkan tidak bisa untuk sekadar lolos ke babak 32 besar Liga Europa.

Untuk yang belum mengetahui, peringkat pertama dan peringkat kedua babak grup Liga Champions berhak untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sementara peringkat ketiga berhak bermain di babak 32 besar Liga Europa. Peringkat terakhir atau juru kunci terpaksa harus tereliminasi dari kompetisi Eropa.

Grup A: Paris Saint-Germain (11 poin) dan Arsenal (11) lolos ke babak selanjutnya. Ludogorets Razgrad (2) dan FC Basel (2) tidak bisa lolos tapi masih bisa terlempar ke Liga Europa.
PSG akan menjamu Ludogorets, sementara Arsenal bertamu ke Basel. Saat ini PSG unggul head-to-head atas Arsenal karena aturan gol tandang. Sementara itu, Ludogorets unggul head-to-head atas Basel sehingga jika kedua kesebelasan kalah di laga pamungkas, Ludogorets lah yang berhak berlaga di Liga Europa.

Grup B: Napoli (8 poin), Benfica (8), dan BeÅŸiktaÅŸ (7) masih bisa lolos ke babak selanjutnya maupun terlempar ke Liga Europa. Dynamo Kyiv (2) dipastikan tereliminasi.
Benfica akan menjamu Napoli yang akan menjadi pertandingan penentuan. Di saat yang bersamaan, Kyiv akan menjamu BeÅŸiktaÅŸ di mana BeÅŸiktaÅŸ akan memanfaatkan pertandingan ini untuk bisa lolos, apalagi jika mereka menang. Napoli unggul head-to-head atas Benfica, Benfica unggul head-to-head atas BeÅŸiktaÅŸ, dan BeÅŸiktaÅŸ unggul head-to-head atas Napoli. Cukup pelik.

Grup C: FC Barcelona (12 poin) pasti juara grup dan Manchester City (8) lolos ke babak selanjutnya pasti sebagai runner-up. Borussia Mönchengladbach (5) terlempar ke Liga Europa. Celtic (2) tereliminasi.
Barcelona akan menjamu Mönchengladbach, sementara City akan menjamu Celtic. Seluruh pertandingan ini tidak akan berpengaruh bagi hasil klasemen akhir grup.

Grup D: Atlético Madrid (15 poin) pasti juara grup dan Bayern München (9) lolos ke babak selanjutnya pasti sebagai runner-up. FC Rostov (4) dan PSV Eindhoven (1) masih bisa terlempar ke Liga Europa.
Bayern akan menjamu Atlético, sementara Rostov bertamu ke Eindhoven. Hanya pertandingan PSV melawan Rostov yang akan menjadi pertandingan penentuan klasemen akhir. Di pertandingan sebelumnya di matchday kedua, PSV Eindhoven berhasil menahan tuan rumah Rostov dengan skor 2-2, sehingga jika PSV menang, mereka-lah yang mendapatkan jatah Liga Europa.

Grup E: AS Monaco (11 poin) pasti juara grup dan Bayer Leverkusen (7) lolos ke babak selanjutnya pasti sebagai runner-up. Tottenham Hotspur (4) dan CSKA Moscow (3) masih bisa terlempar ke Liga Europa.
Leverkusen akan menjamu Monaco, sementara Spurs akan menjamu CSKA. Hanya pertandingan Spurs melawan CSKA yang akan menjadi pertandingan penentuan klasemen akhir. Di pertandingan sebelumnya di matchday kedua, Spurs berhasil mengungguli tuan rumah CSKA dengan skor 1-0. Spurs punya kans besar ke Liga Europa andai tak kalah dari CSKA nanti.

Grup F: Borussia Dortmund (13 poin) dan Real Madrid (11) lolos ke babak selanjutnya. Sporting Clube de Portugal (3) dan Legia Warsaw (1) masih bisa terlempar ke Liga Europa.
Real Madrid akan menjamu Dortmund di pertandingan terakhir, siapa yang menang akan berhak lolos sebagai juara grup, tapi Dortmund hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup. Sporting akan bertamu ke Warsawa, Sporting sudah memiliki modal kemenangan 2-0 atas Legia Warsaw di matchday kedua, saat Legia bertandang ke Lisbon. Grup F ini menjadi grup yang masih seru untuk dinantikan selain grup B.

Grup G: Leicester City (13 poin) pasti juara grup. FC Porto (8) dan FC Copenhagen (6) masih bisa lolos ke babak selanjutnya maupun terlempar ke Liga Europa. Club Brugge (0) tereliminasi.
Club Brugge akan menjamu Copenhagen yang butuh kemenangan. Sementara Porto, yang juga butuh poin, akan menjamu Leicester yang sudah dipastikan sebagai juara grup dan berpotensi menurunkan skuat lapis kedua mereka. Copenhagen unggul head-to-head dengan aturan gol tandang atas Porto. Hal ini berpotensi terjadi jika Porto bermain imbang, dan Copenhagen berhasil menang.

Grup H: Juventus (11 poin) sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya, tapi belum tahu sebagai juara grup atau runner-up. Sevilla (10) dan Olympique Lyonnais (7) masih bisa lolos ke babak selanjutnya maupun terlempar ke Liga Europa. Dinamo Zagreb (0) tereliminasi.
Juventus akan menjamu Zagreb, jika Juventus menang, mereka akan lolos sebagai juara grup. Lyon akan menjamu Sevilla, Sevilla sudah memiliki modal kemenangan 1-0 atas Lyon di matchday kedua, saat Sevilla menjamu Lyon. Jika poin Juventus dan Sevilla sama, dengan skenario Juventus kalah dan Sevilla imbang, Juventus akan lolos sebagai juara grup karena unggul head-to-head atas Sevilla. Grup H ini juga menjadi grup yang masih seru untuk disimak selain grup B dan grup F.

***

Untuk sementara ini ada 12 kesebelasan yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Kita masih menantikan empat kesebelasan lainnya. Matchday keenam Liga Champions akan dilangsungkan Rabu (07/12) dini hari untuk grup A sampai grup D, dan Kamis (08/12) dini hari untuk grup E sampai grup H. Silakan lihat jadwal siaran langsung pertandingan untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Dengan mengetahui beberapa skenario dari delapan grup di atas, kita bisa menyimpulkan untuk sementara ini jika grup yang masih “panas” dan layak untuk dinantikan adalah pertandingan-pertandingan di grup B, F, dan H.

(dex)

Komentar