Petasan Lukai Kiper Lyon, Pertandingan Dihentikan

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Petasan Lukai Kiper Lyon, Pertandingan Dihentikan

Pertandingan Ligue 1 yang mempertemukan antara FC Metz melawan Olympique Lyon akhirnya terpaksa tak dilanjutkan. Hal ini terjadi karena adanya petasan yang masuk ke dalam lapangan dan melukai penjaga gawang Lyon, Anthony Lopes, serta salah satu dokter dari tim medis Lyon di lapangan.

Kejadian ini terjadi ketika babak pertama memasuki menit ke-30. Saat itu Metz sedang unggul dengan skor 1-0 lewat gol dari Gauthier Hein. Tiba-tiba saja Lopes terbaring di dekat gawangnya dan meringis kesakitan. Rupa-rupanya ia terkena serangan petasan dari suporter tuan rumah. Itu baru serangan pertama.

Melihat Lopes yang terbaring, sontak tim medis Lyon pun langsung berdatangan ke kotak penalti dan merawat Lopes. Namun, nasib Lopes dalam pertandingan tersebut terlalu malang. Ketika sedang menerima perawatan, ia kembali lagi menerima serangan petasan. Kali ini letak jatuhnya petasan itu tidak jauh dari posisi ia terbaring dan melantingkan tubuhnya. Bukan hanya mengenainya, petasan itu pun mengenai dokter dari tim medis Lyon yang sedang merawatnya ketika itu.

Akibat dari kejadian ini, wasit yang memimpin pertandingan, Lionel Jaffredo, langsung mengeluarkan semua pemain dari lapangan, pertandingan tidak dilanjutkan. Berdasarkan pernyataan resmi dari klub Lyon yang dilansir Daily Telegraph, Lopes langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Jika tidak parah, mungkin ia akan sedikit menderita tinnitus (dengung yang berkelanjutan di telinga). Sekarang keseimbangan tubuhnya sedikit terganggu dan kesadarannya belum terlalu pulih. Jika keadaannya parah, saya khawatir gendang telinganya terganggu," ujar presiden klub Lyon, Jean-Michael Aulas.

"Kami mengkhawatirkan keadaan Antho, semoga saja ia tidak apa-apa dan semua baik-baik saja," ujar Maxwel Cornet, rekan setim Anthony Lopes.

Ligue de Football Professionnel (LFP) sebagai badan yang mengurusi liga sepakbola profesional di Prancis langsung turun tangan dan mengumumkan bahwa mereka akan segala melakukan investigasi terkait kejadian yang terjadi. Mereka akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti FFF (federasi sepakbola Prancis) dan pihak dari Metz untuk menangani kejadian ini. Lyon dikabarkan bisa mendapatkan kemenangan karena tindakan bodoh suporter Metz tersebut.

"Kami dari LFP menyesal bahwa tindakan seperti itu terjadi di lapangan. Kami akan segera melakukan penyelidikan terhadap kasus ini, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait," ujar pernyataan resmi LFP seperti dilansir The Guardian.

Kejadian petasan yang masuk ke lapangan ini bukan yang pertama kali terjadi. Baru beberapa minggu ke belakang, tepatnya pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Rumania melawan Polandia, 12 November 2016, Robert Lewandowski harus menerima perawatan setelah ia terkena petasan yang masuk ke dalam lapangan. Beruntung, Lewy masih bisa melanjutkan pertandingan setelah mendapatkan perawatan dari tim medis.

foto: @BBCSport

Komentar