Persembahan Para Pemain PSG untuk Chapecoense

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Persembahan Para Pemain PSG untuk Chapecoense

Paris Saint-Germain berhasil meraih kemenangan 2-0 melawan Angers dalam lanjutan Ligue 1 Prancis pada Kamis (01/12) dini hari. Kemenangan ini membuat PSG naik ke posisi kedua klasemen sementara menggeser AS Monaco.

Gol pertama PSG pada pertandingan ini dicetak oleh sang kapten, Thiago Silva, memanfaatkan tendangan sudut Lucas Moura. Sedangkan gol kedua dicetak oleh Edinson Cavani melalui tendangan penalti. Gol tersebut merupakan gol ke-100 Cavani untuk PSG.

Dengan gol yang dicetak pada pertandingan ini, Cavani berhasil menyamai jumlah gol yang dibukukan oleh Dominique Rocheteau untuk PSG. Tetapi masih tertinggal dari Zlatan Ibrahimovic dengan 156 gol.

Pada akhir pertandingan ini, Cavani mendapatkan trofi dari direktur olahraga PSG, Patrick Kluivert, atas 100 gol yang telah dibukukannya.

Selain perayaan 100 gol Cavani, dua gol yang dibukukan oleh PSG pada pertandingan tersebut merupakan dua gol spesial yang dipersembahkan untuk Chapecoense, kesebelasan Brasil yang mengalami kecelakaan pesawat beberapa hari yang lalu.

Setelah pertandingan, beberapa pemain PSG memberikan komentar tentang pertandingan ini dan Chapecoense.

Lucas Moura memberikan komentar tentang apa yang dialaminya dua hari terakhir bukanlah hal mudah.

“Saya mempunyai banyak teman di tim itu, ini sangat sulit. Tetapi kita harus tetap berjalan melanjutkan hidup, melakukan sesuatu yang dapat membantu keluarga para korban. Selama masa seperti ini, kamu harus berpikir apa yang paling penting, keluargamu dan teman-temanmu.” Ujar Moura seperti yang dikutip oleh espnfc.co.uk.

“Gol Thiago? Kami telah berbicara minggu ini tentang sudah berapa lama sejak kami terakhir kali mencetak gol dari tendangan sudut. Malam ini kami melakukannya, Sebuah gol khas buatan Brasil, sebuah gol yang sangat simbolis.”

Baca juga: Rencana yang Tak Terduga bagi Chapecoense

Selain Moura, Cavani pun memberikan komentar terkait pertandingan tersebut terutama tentang gol ke-100-nya.

“Banyak hal yang terjadi, banyak hal emosional hari ini,” kata Cavani kepada para reporter seperti yang dikutip oleh FourFourTwo. “Saya senang untuk tim, saya senang dengan kemenangan ini. Saya berharap untuk terus melanjutkan hal seperti itu.”

Cavani juga memberikan komentar terkait selebrasinya yang melepaskan seragam bertuliskan pesan untuk Chapecoense. Selebrasinya tersebut diganjar kartu kuning oleh wasit.

“Saya berbicara dengan wasit dalam Bahasa Inggris, dia mengatakan bahwa itu sikap yang bagus”. Ujar Cavani seperti yang dikutip oleh FourFourTwo.

“Tetapi ini normal, kita tidak mempunyai hak menyampaikan pesan dengan melepaskan jersey, saya mengerti, saya tahu hal seperti itu.”

“Yang terpenting adalah pesannya. Kartu kuning bukanlah sebuah masalah.”

Seperti yang dilansir oleh FourFourTwo, Thiago Motta yang pernah bermain bersama kapten Chapecoense, Cleber Santana, juga ikut memberikan komentar terkait tragedi yang terjadi.

“Kita semua berduka untuk para korban, keluarga dan teman. Secara pribadi saya mengenal Cleber Santana, kami bermain bersama di Spanyol.”

“Kita harus memikirkan keluarga dan bagaimana caranya menolong keluarga itu. Itu merupakan hal yang terpenting.”

Kepedulian yang ditunjukkan oleh para pemain PSG ini semakin menunjukkan bahwa sepakbola bukan hanya tentang berkompetisi tetapi juga tentang bagaimana saling menghargai sesama manusia.

(gun)

Komentar