Jose Mourinho yang Akrab dengan Sanksi FA

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Jose Mourinho yang Akrab dengan Sanksi FA

Jose Mourinho tampaknya tidak jera dengan sanksi yang kerap diberikan FA kepadanya. Baru saja lepas dari sanksi tidak boleh mendampingi tim selama satu pertandingan, ia kembali terancam mendapatkan sanksi usai reaksi berlebihannya dalam pertandingan melawan West Ham United. Ia terancam mendapatkan sanksi tidak boleh mendampingi tim selama tiga pertandingan.

Reaksi berlebihan ini dilakukan oleh Mou ketika Manchester United menghadapi West Ham United. Ia bereaksi berlebihan ketika Paul Pogba diganjar kartu kuning oleh wasit Jonathan Moss setelah dinilai melakukan diving di area pertahanan The Hammers. Reaksinya ini, meski masih dinilai bukan sesuatu yang terlalu ofensif terhadap wasit, tetap saja membuatnya harus menepi ke tribun pada menit ke-27.

Padahal belum lama ini, tepatnya pada awal November 2016 silam, Mou baru saja lepas dari hukuman larangan mendampingi timnya dalam kemenangan United melawan Swansea 3-1. Kala itu Mou dihukum akibat menghina ofisial pertandingan dalam laga melawan Burnley, sebelum akhirnya pada pertandingan tersebut Mou juga harus menepi ke tribun setelah diusir oleh wasit Mark Clattenburg.

Mou juga sempat mendapatkan hukuman denda sebesar 50.000 paun setelah berkomentar pedas terhadap Anthony Taylor, yang menjadi ofisial pertandingan dalam laga Manchester United melawan West Ham. Manajer asal Portugal ini punya waktu sampai Kamis (1/12/2016) mendatang untuk memberikan respon terhadap sanksi dari FA ini.

Selama karier manajerialnya di Inggris, Selama menjadi manajer di Inggris, Mou emang sudah akrab dengan sanksi FA. Saat ia masih menjabat sebagai manajer Chelsea pada periode kedua (mulai musim 2013/2014), ia sudah pernah dua kali mendapatkan sanksi FA pada musim 2013/2014, serta sekali pada musim 2014/2015 akibat reaksi berlebihannya terhadap keputusan wasit.

Ia juga sudah pernah terkena denda tiga kali selama menjadi manajer Chelsea akibat komentar-komentar pedasnya. Ia pernah didenda seharga 50.000 paun setelah berkomentar bahwa wasit takut untuk memberikan The Blues tendangan penalti. Masalah kedisiplinan Mou inilah yang sekarang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi manajemen United, selain tentunya awal buruk yang dicatatkan oleh United pada musim 2016/2017.

Kalau Mou sampai terkena sanksi larangan mendampingi tim selama tiga pertandingan nanti, maka ia akan melewatkan pertandingan United ketika menjamu Tottenham Hotspur, serta ketika United bertandang ke Crystal Palace dan West Bromwich Albion. Ditambah lagi ketika melawan Everton, FA akan mengirim tim khusus untuk memerhatikan gerak-gerik dari Mou ini.

Komentar