Semifinal Melawan Vietnam, Kemungkinan Besar Indonesia Gunakan Stadion Pakansari

Berita

by redaksi 27440

Semifinal Melawan Vietnam, Kemungkinan Besar Indonesia Gunakan Stadion Pakansari

Indonesia memastikan satu tempat di babak semifinal Piala AFF 2016 usai mengalahkan Singapura pada Jumat (25/11/2016) lewat kemenangan dengan skor tipis, 2-1. Kemenangan itu pun membuat Indonesia mengoleksi empat poin untuk melangkahi tuan rumah, Filipina, yang kalah di laga terakhir menghadapi Thailand sehingga hanya mampu mengoleksi dua poin saja.

Sebagai runner-up grup A, Indonesia sendiri akan menghadapi Vietnam yang berstatus juara grup B. Meskipun begitu, Indonesia belum mendapatkan kepastian terkait kandang yang akan menjadi tempat berlangsungnya leg pertama, terkait direnovasinya Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sebelumnya, beberapa opsi muncul seperti stadion Manahan, Maguwoharjo, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jakabaring, dan Pakansari. GBLA yang terletak di Bandung sempat disebutkan akan menggelar laga kandang Indonesia kala menjamu Vietnam nanti.

Namun ternyata, keputusan tersebut tampaknya urung terjadi. Hal ini dikarenakan Stadion GBLA masih dalam perbaikan. Rumput di stadion yang beberapa kali menjadi kandang Persib Bandung ini masih dalam pembenahan usai rusak pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober lalu.

Baca juga: Rumput Stadion yang Mengakar Pada Mentalitas Bangsa

Kini, stadion yang akan menjadi pilihan tim nasional Indonesia menggelar laga kandang adalah Stadion Pakansari. Bahkan stadion yang terletak di kabupaten Bogor ini akan segera ditinjau oleh perwakilan AFF pada hari Senin (28/11/2016).

"Pakansari jadi opsi utama semifinal Piala AFF 2016. Sementara Pakansari yang jadi pilihan utama, mudah-mudahan bisa disetujui pihak AFF," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington, seperti yang dilansir CNNIndonesia.com.

Alasan dipilihnya Stadion Pakansari pun karena stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini memiliki kualitas rumput yang baik dan stadionnya tak jauh dari ibu kota Indonesia, Jakarta. "Lokasi lebih dekat dengan Jakarta dan stadionnya relatif baru. Kapasitasnya pun saya rasa cukup menampung penonton yang datang," ujar Ade.

Indonesia memang terlebih dahulu berstatus tuan rumah pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 yang digelar Sabtu (3/12/2016). Berikutnya, Indonesia akan bertandang ke markas Vietnam pada Rabu, 7 Desember 2016.

Di tempat lain, Thailand yang lolos dengan status juara grup A akan menghadapi Myanmar. Sebagaimana Indonesia, Myanmar yang merupakan runner up grup B pun akan terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah pada Minggu, 4 Desember 2016 sebelum menjalani leg kedua di Thailand pada 8 Desember 2016.

Indonesia-Vietnam dan Myanmar-Thailand akan memperebutkan dua tempat di babak final yang juga akan digelar dua leg pada 14 dan 17 Desember 2016.

foto: skyscrapercity.com

Komentar