Meski Sudah Meminta Maaf, Yaya Toure Belum Tentu Masuk Skuat Man City

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Meski Sudah Meminta Maaf, Yaya Toure Belum Tentu Masuk Skuat Man City

Nasib Yaya Toure di Manchester City yang tidak jelas tampaknya membuat pemain asal Pantai Gading ini resah. Sadar bahwa adu komentar yang diciptakan oleh agennya, Dimitri Seluk, terhadap Josep Guardiola membuat suasana bertambah panas, Toure berupaya untuk memperbaiki situasi.

Lantas pada hari Jumat (4/11), Toure merilis pernyataan pribadi lewat status yang ia buat di akun Facebook-nya. Dalam status tersebut ia meminta maaf atas situasi runyam yang terjadi akibat kesalahpahaman di antara ia dan orang-orang yang bekerja di Manchester City.

“Saya ingin meminta maaf - atas nama diri saya dan orang-orang yang mewakili saya - kepada tim manajemen dan semua orang yang bekerja di kesebelasan ini atas kesalahpahaman yang terjadi sebelumnya,” tulis Toure di akun Facebook pribadinya.

"Pernyataan-pernyataan yang keluar itu tidak mewakili pandangan saya pada kesebelasan ini atau orang-orang yang bekerja di sini. Saya tak punya apa-apa selain rasa hormat untuk Manchester City dan hanya dapat mendoakan yang terbaik untuk kesebelasan ini.”

"Saya sangat bangga telah terlibat dalam sejarah kesebelasan ini dan ingin membantu City lebih sukses lagi. (Sebab) saya hidup untuk bermain sepakbola dan menghibur para penggemar.”

"Saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar atas dukungan mereka dalam periode sulit yang saya jalani saat ini. Sebab, hal tersebut sangat berarti bagi saya dan keluarga saya," pungkasnya.

Pernyataan Toure demi memperbaiki situasi panas saat ini pun disikapi dengan hangat oleh Guardiola. Beberapa jam setelah muncul pernyataan ini, Guardiola yang hadir di konferensi pers jelang laga melawan Middlesbrough, menjelaskan bahwa ia sudah berbicara secara langsung dengan adik kandung Kolo Toure ini.

“Saya telah berbicara kepada Yaya hari ini (14/11). Tentu yang kami lakukan adalah perbincangan secara privat,” ujar Guardiola seperti dilansir oleh ESPNFC. “Ini adalah berita bagus untuk Manchester City dan Yaya yang begitu saya apresiasi. Dan saya telah mengenal dia dalam waktu yang cukup lama”

“Yaya selalu ikut rapat yang kami adakan. Selain itu ia juga selalu hadir dalam setiap sesi latihan. Anda tahu situasi saat ini dan tidak ada yang akan diubah,” imbuh Guardiola. “Saya sudah menjawab soal Yaya. Saya tidak mau menambahkan jawaban lagi karena sekarang kami fokus ke Middlesbrough.”

Harapan Toure untuk mengubah hubungannya dengan Guardiola sedikit lebih cair memang terjadi. Namun demikian, ia disinyalir masih akan kesulitan menembus skuat utama City. Apalagi lini tengah City saat ini tengah tampil solid meski sempat tak menuai enam kemenangan beruntun.

Di lini tengah, posisi Ilkay Gundogan tampaknya tidak akan tergeser karena eks pemain Borussia Dortmund ini mampu menunjukkan permainan terbaik dalam beberapa pekan terakhir. Sementara di posisi gelandang bertahan, Fernandinho dan Fernando Reges selalu menunjukkan kontribusi maksimal setiap dimainkan. Ini artinya, upaya keras harus dilakukan Toure untuk merebut tempatnya kembali.

Komentar