Kemenangan Bersejarah Manchester City atas Barcelona

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kemenangan Bersejarah Manchester City atas Barcelona

Kekalahan 4-0 dari Barcelona, bulan lalu tampaknya sudah benar-benar dilupakan Josep Guardiola dan Manchester City. Dan kemenangan menjadi cara City melupakan kekalahan dengan margin terbesar yang mereka terima sejauh ini.

Dalam pertemuan kedua antara City dengan Barcelona, Rabu (2/11) dini hari WIB, mereka bahkan sukses mengalahkan Blaugrana dengan skor cukup telak, 3-1. Gol-gol Manchester biru diciptakan oleh Ilkay Gundogan (dua gol) dan Kevin de Bruyne, sementara satu-satunya gol Barcelona dibuat oleh Lionel Messi.

Kemenangan dalam laga ini tampaknya akan selalu diingat oleh Guardiola. Betapa tidak, dalam lima pertemuan sebelumnya, City selalu mendapatkan hasil tidak memuaskan. Dua gol bahkan menjadi rekor memasukkan terbanyak mereka dalam lima pertemuan tersebut.

“Ini adalah sejarah bagus bagi perjalanan kesebelasan ini ketika menghadapi tim terbaik di dunia dan kami mengalahkan mereka,” ujar Guardiola seusai pertandingan kepada BBC.

“Mereka (Barcelona) memainkan gaya permainan seperti itu dalam waktu 25 tahun. Sementara bagi City, kami baru tiga atau empat bulan bermain dengan gaya yang benar-benar berbeda.”

“Barcelona unggul 1-0 dan kita berada dalam posisi yang benar-benar sulit. Setelah itu, mereka memiliki peluang untuk mencetak gol kedua. Jika mereka mampu melakukannya pertandingan tampaknya akan benar-benar berakhir,” imbuh Guardiola.

“Gol penyama kedudukan yang kami buat mengubah mood bermain kami. Kami menyadari bahwa cara kami membuat serangan terlalu rumit karena memainkan pressing ketat kepada kami,” tambahnya.

“Keadaan tersebut membuat kami tidak merasa nyaman bermain dan setelah itu kami mengubah cara bermain kami menjadi lebih langsung ke depan.”

Hasil ini tidak hanya dirasa pantas oleh Guardiola. Salah satu penggawa City, Kevin de Bruyne, merasa kemenangan ini memang pantas didapatkan oleh kesebelasannya karena mereka bermain cukup baik di babak kedua.

“Kami sadar bahwa pertandingan ini akan menjadi laga yang penuh tekanan bagi kami,” ujar De Bruyne kepada BT Sport. “Kami membuat banyak kesalahan di babak pertama, tapi di babak kedua, kami bermain dengan cukup bagus dan memang pantas mendapatkan kemenangan.”

Kemenangan Manchester City atas Barcelona pada akhirnya tidak hanya dirayakan oleh pendukung mereka, seantero Inggris tampaknya juga merasakan kebahagiaan yang sama dengan The Citizens.

Betapa tidak, dalam tujuh pertemuan sebelumnya antara Barcelona dengan kesebelasan-kesebelasan asal Inggris, mereka selalu sukses mendapatkan kemenangan. Hasil ini pun mengakhiri supremasi yang sudah dibuat oleh Barcelona terhadap kesebelasan asal Inggris.

Beberapa media Inggris, seperti Manchester Evening News, Daily Star, The Times, dan The Telegraph, sepakat membuat topik utama yang hampir sama: kemenangan sensasional City atas Barcelona.

Komentar