Seperempat Nilai Transfer Paul Pogba Jatuh ke Mino Raiola

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Seperempat Nilai Transfer Paul Pogba Jatuh ke Mino Raiola

Nama Mino Raiola cukup sering disebut di bursa transfer musim panas 2016/17 lalu. Transfer tiga pemain yang ia miliki, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, dan Paul Pogba, ke Manchester United, disebut membuatnya untung besar secara finansial.

Transfer Paul Pogba ke Manchester United sempat disebut oleh Daily Mail sebagai penyumbang keuntungan terbesar bagi Raiola. Pernyataan Daily Mail disebabkan oleh tunjangan-tunjangan yang kerap diterima oleh agen pemain ketika pemainnya terjual ke suatu kesebelasan. Pertanyaannya sekarang, berapa keuntungan yang didapatkan oleh Raiola untuk mengantarkan Pogba ke United?

Pertanyaan tersebut pada akhirnya menemukan jawabannya usai salah satu petinggi Juventus, Giuseppe Marotta, menceritakan berapa angka yang didapatkan oleh Raiola dalam pertemuan tahunan yang digelar oleh manajemen Si Nyonya Tua.

“Kami mendatangkan Pogba dari Manchester United di akhir kontraknya. Biaya yang kami keluarkan saat itu adalah sekitar 1,5 juta euro. Biaya tersebut kami gunakan untuk membayar semua aspek legal yang berhubungan dengan kepindahannya ke kesebelasan di luar Inggris,” ujar Marotta seperti dilansir oleh The Independent, Selasa (25/10) malam WIB.

Transfer Pogba sendiri tidak memakan biaya yang cukup besar. Baik Juventus dan Manchester United, disebut hanya menyetujui biaya kompensasi yang disebut hanya senilai 950 ribu euro.

“Angka tersebut juga kami gunakan untuk membayar semua biaya agen dan pihak-pihak lain yang membantu kepindahan Pogba dari Manchester ke Turin. Empat tahun bersama Juventus, ia (Pogba) memutuskan untuk kembali ke Inggris. Kepindahannya ke Inggris bukan hanya masalah uang, tapi juga hal-hal yang belum ia selesaikan di sana.”

“Transfer Pogba menghabiskan biaya sekitar 105 juta euro ditambah klausul senilai lima juta uero. Klausul ini akan mereka bayarkan jika dia menandatangani kontrak baru bersama United atau jika ia dijual ke kesebelasan lain dengan angka lebih dari 50 juta euro.

“Angka ini membuat kami mendapatkan untung sekitar 95 juta euro, yang 27 juta euro dari angka tersebut kami bayarkan untuk Mino Raiola dan perusahaannya. Melihat total semua biaya, saya rasa kami mendapatkan 72 juta euro saat menjual Pogba ke United.”

Angka yang didapatkan oleh Raiola memang cukup besar. Pasalnya, angka tersebut lebih tinggi ketimbang transfer yang dilakukan oleh Liverpool atas Giorginio Wijnaldum, Manchester City atas Ilkay Gundogan, dan Mario Gotze atas Borussia Dortmund.

Bagaimana, tertarik menjadi agen pemain?

Komentar