Vincenzo Montella Tidak Cemas Meski Milan Kalah Telak dari Genoa

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Vincenzo Montella Tidak Cemas Meski Milan Kalah Telak dari Genoa

Peluang AC Milan untuk menggeser posisi Juventus dari puncak klasemen sementara harus sirna. Kekalahan melawan Genoa 3-0 di pekan ke-10 membuat Rossoneri gagal menyalip dua kesebelasan di atasnya, Juventus dan AS Roma, untuk menjadi pemuncak klasemen sementara.

Kekalahan atas Genoa memang cukup mengejutkan. Sebab, kekalahan ini merusak rekor baik yang dicatatkan Milan dalam enam pertandingan terakhirnya di Serie A. Tidak hanya itu saja, kekalahan ini juga membuat kemenangan Milan atas Juventus akhir pekan lalu terlupakan.

Sejak pertandingan dimulai, Milan memang tampak cukup canggung. Baru 11 menit pertandingan, Nikola Ninkovic membuka keunggulan. Keunggulan ini pun bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Milan langsung mengambil inisiatif penyerangan. Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, mereka justru malah kehilangan satu pemain usai Gabriel Paletta menerima kartu merah.

Kartu merah yang diterima Paletta membuat Milan dalam posisi sulit. Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir, Juraj Kucka malah membuat gol bunuh diri. Enam menit berselang, giliran Leonardo Pavoletti membobol gawang Milan setelah menerima umpan dari Diego Laxalt.

Meski menerima kekalahan, pelatih AC Milan, Vincenzo Montella memilih untuk tenang. Berbicara seusai pertandingan, ia mengakui bahwa kekalahan ini harus disikapi dengan baik.

“Ini adalah laga yang berat. Kami pun sudah memperkirakannya,” ujar Montella kepada Mediaset Premium.

“Kekalahan ini layaknya lubang di sebuah jalan. Semua hal bisa terjadi dalam pertandingan. Saat ini saya merasa bahwa kekalahan dapat membuat Anda lebih berkembang ketika memenangkan pertandingan,” imbuhnya.

“Perkembangan memang membutuhkan proses dan para pemain harusnya bangga melihat apa yang sudah mereka lakukan. Saya kira kami dapat melakukan lebih dari hal yang saat ini dilakukan.”

“Milan yang sebenarnya dapat dilihat dari 10 pertandingan terakhir. Dan kami bangga atas apa yang kami lakukan saat ini,” lanjutnya.

Montella juga menambahkan bahwa dikeluarkannya Paletta membuat situasi yang dihadapi oleh Milan begitu sulit di laga ini.

“Kami bermain dengan tempo yang terlalu pelan pada babak pertama, saya tidak ingat Genoa benar-benar membuat tembakan ke gawang kami dengan mudah, jadi hasil ini tidak mencerminkan penampilan yang kami tunjukkan di lapangan."

"Saya menikmati penampilan yang kami tunjukkan di babak kedua. Kami berusaha untuk menang dan membalas ketertinggalan yang kami alami. Namun, kartu merah (yang diterima oleh Paletta) membuat segalanya jadi lebih berat."

Kekalahan ini membuat Milan tidak beranjak dari posisi ketiga. Namun posisi mereka bisa saja digeser oleh Napoli yang baru akan bertanding melawan Napoli, Kamis (27/10).

Komentar