Enam Stadion Jerman Akan Gunakan Goal Line Technology

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Enam Stadion Jerman Akan Gunakan Goal Line Technology

Teknologi adalah hal yang tidak terpisahkan dari dunia sepakbola modern ini. Terlepas dari pro dan kontra yang menaungi penggunaan teknologi dalam sepakbola, nyatanya teknologi-teknologi dalam dunia sepakbola sudah mulai digunakan, salah satunya adalah goal line technology, yang penggunaannya mulai menarik perhatian ketika digunakan dalam ajang Liga Primer Inggris dan Piala Dunia 2014.

Di negara Jerman sendiri, goal line technology akan mulai diterapkan dalam babak kedua DFB Pokal (Piala Liga Jerman). Terhitung enam stadion akan menjadi tempat diberlakukannya goal line technology ini, yaitu Allianz Arena (München), RheinEnergie (Köln), Signal Iduna Park (Dortmund), Borussia Park (Mönchengladbach), Mage Solar (Freiburg), Commerzbank-Arena (Frankfurt). Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi agar goal line technology dapat diterapkan.

Kondisi-kondisi tersebut adalah: perangkat goal line technology ini sudah harus dipasang di stadion-stadion yang direncanakan akan dipasangi goal line technology tersebut, dan bola yang digunakan pun harus sesuai dengan spesifikasi dari perangkat goal line technology tersebut.

Untuk kondisi yang kedua mungkin pihak DFB bisa memenuhinya. Yang mungkin akan menjadi sedikit kendala adalah keadaan pertama, yaitu ketika perangkat harus dipasang sebelumnya sebelum digunakan dalam babak kedua DFB Pokal nanti. Semua stadion yang akan dipasangi adalah stadion-stadion klub Bundesliga. Kompetisi Bundesliga sendiri sudah mulai dan saat ini di stadion-stadion di atas perangkat goal line technology belum terpasang.

Jika stadion-stadion di atas akan dipasangi goal line technology, maka hal itu sedikitnya akan berpengaruh dalam laga Bundesliga yang akan dijalani di stadion tersebut. Jika itu terjadi, maka laga Bundesliga yang diadakan di enam stadion di atas harus menggunakan goal line technology untuk memenuhi kondisi pertama supaya perangkat goal line technology dapat digunakan.

DFB melalui voting yang dilakukan pada 2014 silam sudah memutuskan bahwa penggunaan goal line technology dilarang di Bundesliga dan 2. Bundesliga. Ini dikarenakan biaya pemasangan goal line technology yang begitu mahal, yaitu sebesar 420.000 paun untuk masa pemakaian selama tiga tahun. Biaya mahal ini ditolak oleh sebagian besar klub yang berlaga di 2. Bundesliga, meski sebenarnya kebanyakan klub Bundesliga setuju.

Baca Juga:

Harga Sebuah Goal Line Technology

Mengapa Liga Champions Tidak Menggunakan Goal Line Technology

Pemasangan goal line technology ini tentunya akan menjadi masalah sendiri, apakah DFB mau melabrak aturan yang sudah pernah mereka buat pada 2014, atau mungkin akan diadakan sebuah revisi mengenai aturan tersebut sehingga perangkat goal line technology dapat dipasang di enam stadion di atas untuk keperluan penyelenggaraan DFB Pokal.

Apakah Bundesliga akan kembali menyerah kepada harga yang mahal seperti dahulu?

foto: Transfermarkt

Komentar