Akankah Panasnya La Liga Berlangsung Sampai Akhir Musim?

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Akankah Panasnya La Liga Berlangsung Sampai Akhir Musim?

Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid bisa dibilang menjadi penguasa La Liga Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut tentu bukan tanpa dasar, dalam lima tahun terakhir ketiga kesebelasan tersebut selalu bergantian merajai puncak klasemen La Liga.

Anggapan tersebut bisa saja berhenti di musim ini. Hingga pekan kesembilan, sudah ada empat tim yang merajai puncak klasemen di akhir pekan. Hal tersebut bahkan belum dihitung soal pergantian pemuncak klasemen ketika memasuki akhir pekan saat La Liga sedang berjalan.

Pekan kesembilan kemarin bahkan bisa menjadi gambaran bagaimana persaingan di La Liga musim 2016/17 akan berjalan sengit. Barcelona menjadi kesebelasan pertama yang memimpin puncak klasemen La Liga setelah mereka mengalahkan Valencia di Mestalla dengan skor 2-3. Gol-gol dari Lionel Messi (dua gol) dan Luis Suarez hanya mampu dibalas dua oleh tuan rumah.

Status pemuncak klasemen sementara milik Barcelona hanya bertahan satu hari. Laga yang mempertemukan tim peringkat ketiga dan pertama di pekan kedelapan, Sevilla dengan Atletico Madrid harus berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Sevilla, yang gol kemenangannya dicetak oleh Steven Nzonzi.

Dengan kemenangan ini Sevilla pun menjadi pemuncak klasemen sementara La Liga. Namun rupanya keinginan Sevilla untuk menutup pekan kesembilan dengan status pemuncak klasemen harus sirna setelah beberapa jam kemudian Real Madrid mengalahkan Athletic Bilbao 2-1 lewat gol Karim Benzema dan Alvaro Morata.

Kemenangan ini pun membuat Real Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga di pekan kesembilan. Sementara bagi Atletico Madrid, kekalahan ini bukan hanya menurunkan mereka dari posisi pertama di La Liga, tapi juga membuat mereka kini turun ke posisi kelima klasemen.

Turunnya Atletico Madrid ke posisi kelima La Liga disebabkan oleh hasil baik yang didapatkan Villarreal atas Las Palmas. Dalam laga yang dilangsungkan jelang pertandingan Real Madrid melawan Athletic Madrid ini, Villareal berhasil mengalahkan Las Palmas dengan hasil 2-1 dan membuat mereka unggul satu poin dari Atletico Madrid di posisi kelima dengan 18 angka dari sembilan pertandingan.

Keseruan memang tampak terlihat di La Liga musim ini. Penggemar La Liga pun berharap agar keseruan ini tetap bertahan hingga akhir musim, agar tidak ada lagi yang menyebutkan bahwa La Liga adalah kompetisi milik Barcelona – Real Madrid – Atletico Madrid.

Komentar