Manchester United Catatkan Penjualan Replika Jersey Terbanyak

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Manchester United Catatkan Penjualan Replika Jersey Terbanyak

Manchester United mencatatkan penjualan replika jersey terbanyak di Inggris, Eropa, dan dunia. Mereka menjual rata-rata 1,75 juta jersey per tahun dalam lima musim berturut-turut, sejak musim 2011/2012 sampai musim 2015/2016. Ini menjadikan United sebagai salah satu klub yang paling populer di dunia.

Di urutan kedua penjual replika jersey terbanyak, ada nama Real Madrid yang berhasil menjual 1,65 juta jersey per tahun. Barcelona berada di urutan ketiga dengan total 1,278 juta, diikuti oleh Bayern München dan Chelsea yang masing-masing berada di posisi keempat dan kelima.

Data penjualan replika jersey klub Eropa pada lima musim terakhir. Sumber: sportingintelligence.com

Selain di tanah Eropa, United pun merajai total penjualan replika jersey di Inggris. Mereka sukses mengalahkan Chelsea, yang baru saja meneken kontrak baru dengan apparel Nike sebesar 900 juta paun untuk 15 tahun ke depan, atau sebesar 60 juta paun per tahunnya, dan juga pesaing mereka dari Merseyside, Liverpool. United sekarang masih memiliki kontrak dengan adidas perihal apparel yang mereka kenakan dengan nilai 75 juta paun per tahun.

Data penjualan replika jersey klub Inggris selama lima musim terakhir. Sumber: sportingintelligence.com

Total penjualan replika jersey ini secara tidak langsung mencerminkan popularitas dari klub-klub tersebut. Nama-nama seperti Paris-Saint Germain, Manchester City, Bayern München, dan Borussia Dortmund pun mulai mencatatkan diri sebagai tim dengan penjualan replika jersey terbanyak seiring dengan prestasi yang mereka raih di kompetisi Eropa.

Di Inggris sendiri, ada beberapa klub yang mengalami penurunan penjualan replika jersey karena popularitas, seperti Liverpool yang gagal meraih berbagai trofi penting, dan juga Arsenal. Leicester mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terutama atas prestasi mengesankan mereka menjadi juara Liga Primer pada 2015/2016 lalu.

Selain mencerminkan popularitas klub, total penjualan replika jersey ini juga akan menjadi penghasilan tambahan tersendiri bagi klub, dan akan membuat produsen yang menyajikan apparel bagi klub untung besar (karena hasil bagi dari pendapatan penjualan replika jersey ini sebagian besar mengalir kepada produsen) dan menjadi terdongkrak namanya.

Tak heran semakin tinggi total penjualan replika jersey klub, maka semakin tinggi pula nilai kontrak yang diteken oleh sang produsen penyedia apparel dengan klub (Chelsea adalah contohnya). Dr. Rohlmann, seorang analis veteran menyebut bahwa penjualan replika jersey ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

"Secara umum, penjualan replika jersey ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatannya pun berlangsung dengan stabil. Jersey sepakbola memang sesuatu yang cukup populer. Desain jersey yang kerap menarik pun menjadi sesuatu yang dibanggakan oleh suporter saat berkunjung ke kandang lawan atau bermain di kandang sendiri," ujar Dr. Rohlmann.

Komentar