Lagi, Argentina Raih Hasil Minor Tanpa Messi

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lagi, Argentina Raih Hasil Minor Tanpa Messi

Argentina kembali gagal memenangkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia tanpa Lionel Messi. Setelah akhir pekan lalu hanya mampu bermain imbang dengan Peru 2-2, kali ini mereka harus mengakui keunggulan Paraguay 0-1 lewat gol Derliz Gonzalez.

Hasil minor ini bukan saja semakin menjauhkan Argentina dari rival mereka, Brasil, di puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol. Tapi juga membuat mereka terancam disalip oleh kesebelasan-kesebelasan lain yang berada di bawahnya, seperti Paraguay dan Chile yang berjarak dua poin dari mereka.

Laga kesepuluh kedua kesebelasan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Argentina dengan Paraguay ini berjalan cukup menarik. Meski bertindak sebagai tim tamu, Paraguay, terhitung cukup berani menekan Argentina yang memainkan duet Mateo Musacchio dan Martin Demichelis di lini belakang.

Argentina jelas diunggulkan dalam laga ini. Meski bermain tanpa Messi yang mengalami cedera, anak asuh Edgardo Bauza tetap mampu tampil menekan karena keberadaan kuartet Nicolas Gaitan, Sergio Aguero, Angel di Maria, dan Gonzalo Higuain di lini depan.

Hasilnya, di menit kesembilan, Argentina mampu menciptakan peluang emas. Berawal dari sepakan Di Maria, bola mengenai pemain AC Milan, Gustavo Gomez. Namun sayang, bola liar tersebut mampu dijangkau oleh kiper senior Paraguay, Justo Villar.

Babak pertama belum mencapai 20 menit, Paraguay berhasil mencetak gol. Berawal dari kesalahan umpan Javier Mascherano, Derliz Gonzalez mampu melepaskan tembakan yang tidak mampu dihalau oleh Sergio Romero.

Kemasukan satu gol membuat Argentina meningkatkan tempo serangan. Di menit ke-26, sepakan Angel di Maria memanfaatkan tekel Mascherano hanya mengenai mistar gawang Villar. Tidak lama, giliran Marcos Rojo yang menciptakan peluang emas meski belum mampu menciptakan gol.

Peluang terbesar Argentina didapatkan usai jeda babak pertama dan kedua. Berawal dari handball Paulo da Silva, Argentina mendapatkan sebuah tendangan penalti. Namun sayang, sepakan Aguero masih lemah dan mampu diamankan oleh Villar. Pertandingan pun berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan tim tamu.

Kekecewaan pun begitu terlihat dari wajah Bauza usai pertandingan. Dalam wawancaranya usai pertandingan, ia berkata bahwa ia sangat kecewa dengan penyelesaian akhir tim asuhannya.

“Kami memulai serangan dengan baik. 75% penguasaan bola mampu kami catatkan. Namun semuanya sia-sia karena kami tidak mampu menyelesaikan peluang dengan baik.” ucap Bauza. “Hal ini pun menjadi persoalan besar bagi kami saat ini.”

Baca juga: Messi (Masih) Dibutuhkan Argentina

Kekalahan ini membuat rekor penampilan Argentina tanpa Messi semakin buruk. Minus Messi di kualifikasi Piala Dunia 2018, Argentina sudah mencatat empat hasil imbang, dua kali kekalahan, dan satu kemenangan. Berbeda jauh jika mereka bermain dengan Messi, yang mana mereka mampu memenangkan tiga pertandingan.

Komentar