PSSI Resmi Panggil Stefano Lilipaly

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

PSSI Resmi Panggil Stefano Lilipaly

Belum mumpuninya skuat Indonesia menjelang Piala AFF 2016 di Filipina membuat Alfred Riedl terus mencari jalan terbaik. Setelah memberi kesempatan kepada beberapa nama baru dalam laga uji tanding melawan Vietnam akhir pekan lalu, kini Riedl melakukan hal yang belum pernah dilakukannya dalam dua laga uji tanding terakhir: memanggil pemain naturalisasi.

Pada Selasa (11/10) Indonesia resmi memanggil satu nama pemain naturalisasi, yakni Stefano Lilipaly, untuk ikut bergabung ke pemusatan latihan tim nasional Indonesia. Pemanggilan Lilipaly berlaku mulai pengiriman surat ke SC Telstar selaku kesebelasannya saat ini.

Pemanggilan Lilipaly dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim. Menurutnya, PSSI telah resmi mengirimkan surat pemanggilan Lilipaly agar yang bersangkutan dapat bergabung di tim nasional Indonesia.

“Lilipaly sudah resmi kami panggil ke tim nasional Indonesia. Surat pemanggilannya sudah kami kirim ke klubnya saat ini, SC Telstar. Sebelumnya kami juga sudah berkomunikasi lebih dulu dengan manajer SC Telstar, dan mereka meminta surat pemanggilan tersebut. Sekarang kami hanya perlu menunggu respon dari mereka," kata Azwan di kantor PSSI, Selasa (11/10).

Lilipaly diproyeksikan bakal ikut serta dalam pemusatan latihan tim nasional Indonesia, akhir Oktober 2016 mendatang. Setelah itu, ia tampaknya juga bakal bergabung ke agenda lanjutan tim nasional Indonesia saat menghadapi Myanmar pada 4 November 2016 dan Vietnam 8 November 2016.

Sebelum pemanggilan ini, Lilipaly pernah dipanggil untuk memperkuat tim nasional Indonesia yang dipersiapkan untuk mengikuti SEA Games 2011 yang digelar di Indonesia. Namun, kesempatan bermain tersebut pada akhirnya hilang usai ia mengalami cedera.

Kesempatan bermain di tim nasional Indonesia baru didapatkan Lilipaly pada 14 Agustus 2013 ketika Indonesia menghadapi tim nasional Filipina. Dalam laga tersebut, Lilipaly berhasil membuat satu asis atas gol yang dicetak oleh Greg Nwokolo pada menit ke-31.

Penampilan baik yang ditunjukkan oleh Lilipaly di SC Telstar menjadi alasan Riedl memanggilnya. Sejak memperkuat kesebelasan divisi dua Belanda tersebut musim lalu, ia mampu kembali menunjukkan penampilan terbaiknya.

Pada musim lalu, Lilipaly mampu mencatatkan 30 penampilan dari total 36 laga. Catatan penampilan tersebut, ia tambah dengan total tujuh gol dan empat asis. Penampilan baik dilanjutkan oleh Lilipaly di musim ini, dengan tiga gol dan dua asis dari sembilan pertandingan yang sudah dijalani.

Foto: Kaskus

Komentar