Kebahagiaan Karena Keterlibatan Dusan Tadic

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Kebahagiaan Karena Keterlibatan Dusan Tadic

Dusan Tadic mungkin menjadi orang yang cukup berbahagia di tim Serbia saat ini. Setelah timnas Serbia gagal masuk putaran final Piala Eropa 2016, juga nama dari Dusan Tadic sempat dikesampingkan dari skuat timnas oleh Radovan Curcic pada Maret silam, sekarang Dusan Tadic menjadi pemain yang kontributif bagi pasukan The Eagles.

Terakhir, ia berkontribusi dalam kemenangan Serbia atas Austria 3-2 dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Satu gol dan dua asis yang ia catatkan dalam pertandingan tersebut membuat Serbia mampu meraih kemenangan meski beberapa kali Austria juga mampu menyamakan kedudukan.

Berkat pelatih baru Serbia, Slavojlub Muslin, yang memanggilnya kembali ke timnas, Tadic dapat kembali menyumbangkan sesuatu untuk negaranya. Bagi pemain yang sekarang membela klub Southampton ini, hal itu tentunya sangat menyenangkan dan membanggakan. Bahkan, Tadic mengakui kalau ia sampai ingin menangis ketika para suporter di stadion meneriakkan namanya.

"Saya hampir saja menangis ketika orang-orang di stadion meneriakkan nama saya di akhir pertandingan. Saya sangat senang," ujar Tadic seperti dilansir Daily Mail.

Kebahagiaan Tadic ini juga tidak lepas dari keterlibatan Tadic yang cukup besar di timnas. Total dari 10 gol yang sudah timnas Serbia cetak, Tadic terlibat dalam semua gol tersebut (empat gol dan enam asis). Ini tidak lepas dari susunan formasi dasar yang digunakan oleh pelatih Slavojlub Muslin, yaitu 3-4-3.

Tadic pun seolah diberikan kebebasan untuk berekspresi di lini depan di bawah formasi dasar 3-4-3 ini. Dimainkan sebagai winger kanan, ia mampu bermain lebih bebas di sisi serang. Inilah yang membuat Tadic mampu terlibat dalam 10 gol terakhir yang dicetak oleh timnas Serbia.

Tentang tim Serbia yang dalam gelaran babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini sudah mencetak dua kemenangan dan satu hasil seri, Tadic berujar bahwa itu semua adalah karena kontribusi tim. Ia juga memuji pendekatan strategi Slavojlub Muslin yang ia nilai telah menemukan strategi yang tepat untuk Serbia.

"Siapapun yang mencetak gol atau umpan, tidak masalah. Yang penting adalah tim meraih kemenangan. Tapi saya harus memuji Muslin karena ia sudah menerapkan strategi yang tepat untuk tim ini. Jujur grup ini adalah grup yang cukup berat. Semua bisa saling mengalahkan dan semua pertandingan dalam grup ini adalah pertandingan penting," ujar Tadic.

Setidaknya Tadic sudah melakukan sesuatu untuk negaranya.

Komentar