Cristian Galano, Pemain Pertama yang Mendapatkan Kartu Hijau

Berita

by Abrar Firdiansyah 53249

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Cristian Galano, Pemain Pertama yang Mendapatkan Kartu Hijau

Setelah diresmikan pada kompetisi Serie B Italia awal tahun lalu, kartu hijau pada akhirnya muncul juga. Pada laga Serie B Italia antara Vicenza dan Virtus Entella yang berlangsung Sabtu, Sabtu (8/10), untuk pertama kalinya kartu hijau diberikan oleh wasit.

Penyerang kesebelasan Vicenza, Cristian Galano, menjadi pemain pertama yang mendapatkan kartu hijau. Kartu hijau diberikan kepada Galano oleh wasit Marco Mainardi usai ia mengakui bahwa lawannya di laga tersebut tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan tendangan pojok.

Sebelumnya Maniardi memberikan tendangan pojok untuk Vicenza akibat tendangan Galano dianggap mengenai pemain Virtus Entella. Keputusan tersebut langsung diprotes oleh pemain Virtus Entella. Mereka lalu meminta Maniardi untuk menanyakan langsung kepada Galano.

Galano menyatakan bahwa wasit telah membuat kesalahan dengan memberikan tendangan pojok kepada timnya. Ia menjelaskan bahwa bola tidak mengenai pemain Virtus Entella. Akibat pernyataan tersebut, wasit pun membatalkan tendangan pojok dan mengubahnya menjadi tendangan gawang.

Kartu hijau sendiri hanya bersifat simbolis, kartu berwarna hijau tidak benar-benar dikeluarkan secara langsung di lapangan. Keputusan memberikan kartu hijau dilakukan setelah laga usai.

Di awal musim ini, pengelola kompetisi Serie B Liga Italia mengumumkan pemain yang paling banyak mendapat kartu hijau akan mendapatkan sebuah penghargaan pemain paling sportif di akhir musim.

Penerapan kartu hijau pertama kali dilakukan oleh Serie B Italia di awal tahun ini. Presiden Serie B, Andrea Abodi bersama dengan perwakilan Organisasi Wasit Italia meluncurkan kartu hijau untuk mengubah pandangan persepakbolaan Italia. Selain itu, kartu ini juga diberikan untuk memotivasi para pemain agar memiliki sikap yang baik selama di lapangan.

“Pemberian kartu hijau ini hanyalah suatu simbol, yang digunakan untuk menjelaskan suatu sikap sederhana di dalam lapangan. Meski demikian, kartu ini kami berikan untuk mengapresiasi sikap fair play yang ditunjukkan pemain selama di lapangan,” ujar Abodi.

"Kami berpikir bahwa sepak bola membutuhkan pesan positif," tambah juru bicara Serie B. "Olahraga ini terlalu sering terlibat dalam kontroversi yang mendorong orang-orang menjauh dari stadion."

Baca selengkapnya tentang awal mula kartu hijau di sini

Komentar