Ketika Manuel Neuer Mulai Bosan

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Ketika Manuel Neuer Mulai Bosan

Manuel Neuer adalah salah satu kiper kenamaan dunia. Mengantarkan Jerman juara dunia pada 2014 silam, juga sukses tampil konsisten bersama kesebelasannya, Bayern München. Ia juga merupakan salah satu calon pemain terbaik dunia, andai saja tidak kalah bersaing dengan Lionel Messi. Tapi Neuer, seperti halnya pemain lain, juga manusia biasa yang bisa hilang konsentrasi pada suatu waktu.

Dianggap sebagai salah satu kiper dengan kemampuan olah bola yang cukup baik (bahkan mendapat pengakuan dari Pep Guardiola), Manuel Neuer masih mampu kehilangan konsentrasi dalam suatu momen. Kejadian ini terjadi dalam pertandingan antara Jerman melawan Repbulik Ceko dalam ajang babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Pertandingan itu dimenangkan oleh Jerman dengan skor 3-0 lewat dua gol Thomas Müller dan satu gol dari Toni Kroos.

Saat pertandingan memasuki menit-menit akhir, ada bola yang bersarang di belakang jaring gawang Neuer. Ia pun diminta untuk melepaskan bola tersebut supaya pertandingan bisa tetap dilaksanakan. Hal yang mudah untuk dilaksanakan, tapi ternyata Neuer sedikit tidak konsentrasi sehingga bola yang ia tendang akhirnya malah mengenai wajahnya.

Untungnya kejadian ini tidak banyak yang melihat sehingga Neuer tidak perlu malu. Pertandingan pun tetap berlanjut dan akhirnya selesai dengan kemenangan Jerman.

Hilangnya konsentrasi Neuer ini juga bisa jadi karena Neuer yang begitu kesepian di belakang. Bagaiman tidak, para pemain Republik Ceko begitu jarang melancarkan serangan berbahaya ke gawang Jerman. Die Mannschaft mengurung pertahanan Ceko sehingga membuat para pemain Republik Ceko hanya mampu bertahan sepanjang pertandingan.

Begitu jarangnya pemain Republik Ceko melakukan serangan ke gawang Jerman (hanya ada satu tendangan yang mengarah ke gawang selama pertandingan) membuat Neuer kehilangan fokus akan bola, sehingga akhirnya bola itu mengenai wajahnya dan membangunkannya kembali. Jadi, ini bukan karena Neuer yang tidak memiliki kemampuan yang bagus. Ini hanya karena Neuer sedang hilang fokus saja karena kebosanan yang ia alami dalam pertandingan tersebut.

Komentar