Menendang Lawan, Kiper Klub Asal Chile Terkena Hukuman Empat Tahun

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menendang Lawan, Kiper Klub Asal Chile Terkena Hukuman Empat Tahun

Sepakbola adalah olahraga yang keras. Kontak fisik memang tak terhindarkan dalam pertandingan yang mempertemukan 11 orang melawan 11 orang ini. Tapi, tindakan dari salah satu kiper asal klub Chile ini sedikit tidak wajar. Bahkan, ia hampir saja merenggut nyawa pemain yang beradu fisik dengannya.

Penjaga gawang salah satu klub asal Chile, General Velzaquez, Claudio Abarca, mendapat hukuman larangan bermain selama empat tahun dari federasi sepakbola Chile (ANFA). Hukuman ini diberikan akibat dari perilaku Abarca yang sangat tidak sportif kepada pemain lawan dalam pertandingan Liga Chile divisi ketiga.

Pertandingan tersebut mempertemukan antara General Velazquez dan Estacion Central di San Vicente de Tagua yang berjarak 125 kilometer selatan Santiago. Pertandingan ini sebenarnya dimenangkan oleh Velazquez dengan skor 2-0. Namun, dalam sebuah situasi scrimmage di akhir pertandingan, tepatnya menit ke-86, Abarca tiba-tiba saja menendang kepala pemain lawan yang beradu bola dengannya.

Pemain yang terkena tendangan itu adalah Diego Diaz, penyerang dari Estacion Central. Tendangan yang dilakukan oleh Abarca ini sungguh-sungguh keras. Bahkan, pihak kepoliisian sampai turun ke lapangan untuk mengamankan situasi yang bertambah buruk usai tendangan Abarca tersebut. Untung saja Diaz mendapatkan penanganan cepat sehingga tidak meninggal dunia di lapangan.

Dalam video tersebut, terlihat tendangan keras Abarca yang mengenai kepala Diaz. Tendangan ini membuatnya sempat tak sadarkan diri selama beberapa waktu. Diaz sendiri dibawa ke rumah sakit dan dikabarkan menderita kerusakan di tiga tulang rahangnya akibat tendangan tersebut. Diaz pun harus menepi selama satu tahun akibat kerusakan tulang rahang ini, meski ia masih bisa sedikit berbicara.

Sementara itu, Abarca harus digelandang oleh pihak kepolisian Chile (Carabineros) untuk diinterogasi lebih lanjut. Ia pun harus menghabiskan satu malam di penjara sebagai hukuman akibat menendang Diaz. Tapi, hukuman bagi Abarca tidak selesai sampai situ. Pihak ANFA selaku otoritas sepakbola Chile memberikan hukuman yang lebih berat kepada Abarca.

Ia harus absen dari kegiatan sepakbola Chile selama empat tahun lamanya. Keputusan ini dikeluarkan oleh komisi disiplin ANFA akibat tindakan tidak sportifnya kepada Diaz dalam pertandingan, juga sebagai bentuk ketegasan ANFA terhadap tindakan tidak sportif dari Abarca ini.

foto: edgardaily.com

Komentar