Meski Tuan Rumah, Kenapa Arsenal Memakai Baju Kuning?

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Meski Tuan Rumah, Kenapa Arsenal Memakai Baju Kuning?

Arsenal dipaksa untuk mengenakan jersey tandang mereka saat pertandingan kandang melawan FC Basel dalam ajang Liga Champions Eropa pada Kamis (29/9/2016) dini hari. Meski begitu, mereka tetap mampu meraih kemenangan melawan Basel dengan skor 2-0, yang juga diwarnai pertemuan antara kakak-beradik Granit dan Taulant Xhaka untuk kedua kalinya.

Penggunaan jersey tandang Arsenal, yang berwarna kuning itu, dalam pertandingan kali ini tidak lain karena kebijakan kit milik UEFA yang sudah berjalan sejak beberapa tahun silam. Kebijakan kit UEFA ini akhirnya menetapkan bahwa The Gunners, meski berstatus sebagai tuan rumah, harus mengenakan jersey tandang mereka.

Hal ini tentunya sedikit berlawanan dengan kebiasaan tim tuan rumah yang biasanya mengenakan jersey kandang alias jersey pertama mereka dalam pertandingan kandang. Arsenal pun harus menuruti ketetapan dari kebijakan kit UEFA tersebut. Di FC Basel pun mengenakan jersey mereka yang berwarna putih sebagai jersey tandang mereka.

"UEFA telah menetapkan bahwa kami harus mengenakan jersey tandang kami pada pertandingan melawan Basel dalam ajang Liga Champions Eropa. Situasi yang tidak biasa ini diakibatkan oleh fakta bahwa jersey merah Arsenal, sebagai jersey kandang kami, warnanya berbenturan dengan warna jersey Basel yang berwarna merah dengan strip biru hitam," ujar pernyataan resmi di laman Arsenal seperti dikutip ESPN FC.

"Jersey tandang Basel yang berwarna putih pun warnanya berbenturan dengan strip putih dengan jersey kandang kami. Basel pun tidak memiliki jersey ketiga," tambah pernyataan tersebut.

Kejadian Arsenal yang mengenakan jersey tandang ini bukan kali pertama yang terjadi. Pada Liga Champions Eropa 1998/1999, mereka juga harus mengenakan jersey tandang mereka dalam pertandingan melawan Lens karena jersey kandang mereka warnanya berbenturan dengan jersey milik Lens.

Pun dengan Liga Champions Eropa 1991, sebelum Liga Champions Eropa beralih menjadi lebih modern pada 1992, Arsenal juga menghadapi Benfica dengan mengenakan jersey tandang mereka meski pertandingan diselenggarakan di kandang. Ini adalah bentuk kepatuhan The Gunners terhadap kebijakan kit UEFA.

Tapi tetap saja keanehan yang terjadi ini memberikan sedikit kejutan kepada para suporter Arsenal yang hadir di Stadion Emirates, utamanya suporter yang tidak ada ketika 1991 ataupun 1998/1999. Untung saja mereka menang dari FC Basel dengan skor 2-0. Kalau tidak, jersey kuning ini mungkin akan menjadi sebuah simbol bahwa Arsenal terusir secara tidak langsung dari Emirates.

foto: @Arsenal

Komentar