Loris Karius Akan Jadi Kiper Utama Liverpool

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Loris Karius Akan Jadi Kiper Utama Liverpool

Manajer Liverpool, Jürgen Klopp, akan menjadikan Loris Karius sebagai kiper pertama The Reds. Karius sudah mendapatkan debutnya di Liverpool dalam laga Piala Liga Inggris melawan Derby County pada Rabu, (21/9/2016) dini hari waktu Indonesia. Ia juga sudah tampil dalam ajang Liga Primer Inggris saat Liverpool menaklukkan Hull City 5-1 di Anfield pada Sabtu (24/9?2016) malam.

Dari dua pertandingan tersebut, Liverpool tampil luar biasa dan mereka hanya kebobolan satu gol. Inilah yang membuat Klopp begitu yakin bahwa ia akan memainkan kiper yang didatangkan dari Mainz 05 seharga 4,7 juta paun ini pada pertandingan The Reds selanjutnya menghadapi Swansea City pada Sabtu (1/10/2016) nanti.

"Ia akan bermain kembali melawan Swansea. Saya telah berbicara dengan kiper-kiper saya dan mereka mengetahui hal tersebut (Karius dimainkan). Ia sudah bertanding melawan Derby dan dalam pertandingan itu ia tidak menerima bola terlalu banyak (diserang)," ujar Klopp seperti dilansir This is Anfield.

"Anda harus melihat bagaimana seorang pemain bereaksi dalam sebuah pertandingan dan kami tidak memiliki pertandingan tengah pekan ini. Maka untuk menguji Karius, saya akan memainkannya dan melihat kemampuannya dalam pertandingan melawan Swansea nanti karena kiper adalah posisi yang berbeda dari bek tengah," tambahnya.

Dengan jaminan dari manajer bahwa Karius akan menjadi kiper utama, hal ini tentu mengancam posisi Simon Mignolet sebagai kiper utama Liverpool. Meski Karius pernah mengatakan bahwa no. 1 hanya nomor punggung, jaminan dari Klopp ini adalah sesuatu yang jarang didapatkan oleh Mignolet.

Simon Mignolet memang kerap tampil angin-anginan bersama Liverpool. Terkadang ia bisa begitu kuat, namun, terkadang gelontoran gol begitu banyak tercipta di gawang kiper asal Belgia tersebut. Inilah yang membuat pertahanan The Reds menjadi pertahanan yang kerap kali mudah ditembus oleh bek-bek lawan.

Sosok Karius yang didatangkan pada bursa transfer musim panas 2016 ini seolah merupakan sebuah gerak nyata dari Klopp dalam mencari sosok kiper yang dapat memberikan rasa aman di lini pertahanan Liverpool. Sempat mengalami cedera pada masa pramusim, sekarang ia sudah siap bertarung dengan Mignolet memperebutkan posisi kiper no. 1 Liverpool.

Jika dalam pertandingan melawan Swansea nanti Karius mampu tampil ciamik dan melakukan banyak penyelamatan, bukan tidak mungkin ia akan menjadi kiper no. 1 Liverpool, menggeser Mignolet; tidak sekadar pemilik nomor punggung 1 Liverpool.

foto: @LorisKarius

Komentar